NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    Oktober 13, 2016

    Gubernur Buka Pameran Bulan PRB

    Tidak ada komentar



     GSVL Sampaikan Terima Kasih ke BNPB

    Manado – 

    Pelaksanaan Pameran Peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana (PRB), yang dilaksanakan di lapangan Mega Mas Manado, Rabu (12/10) sore kemarin dibuka langsung Gubernur Sulut Olly Dondolambey SE, yang ditandai dengan penguntingan pita. 
     
    Usai peresmian, Gubernur didampingi Kepala BNPB Willem Rampangiley, unsur Forkopimda Sulut dan Walikota Manado Vicky Lumentut meninjau Pameran PRB. 

    Walikota melaporkan rangkaian kegiatan kepada Gubernur.

    Kegiatan dalam rangka memeriahkan agenda ACDM dan ADDM yang sementara berlangsung di Kota Manado ini direncanakan digelar 12-14 Oktober. 

    Pameran ini menurut Gubernur, dilaksanakan dalam rangka mempromosikan budaya pengurangan resiko bencana, termasuk pencegahan bencana, mitigasi dan kesiapsiagaan, sejak tahun 2009 telah ditetapkan tanggal 13 Oktober sebagai hari peringatan pengurangan resiko bencana Internasional (International Day for Disaster Risk Reduktion. 

    Gubernur, Walikota dan Kepala BNPB terlibat pembicaraan seputar kegiatan.

    Sementara Direktur Pemulihan dan Peningkatan Sosial Ekonomi BNPB Ir Siswanto yang juga selaku penanggungjawab pameran menyebutkan, peringatan PRB telah menjadi agenda nasional, yang dilaksanakan setiap tahun sejak tahun 2013 lalu, dan secara berturut-turut diselenggarakan di Kota Mataram NTB (2013), Kota Bengkulu, Bengkulu (2014), dan Kota Surakarta Jawa Tengah (2015). 

    “Pada tahun 2016 ini pameran dilaksanakan di Mega Mas Manado dengan tema "Gerakan Pengurangan Resiko Bencana Untuk Ketangguhan,"  jelas Siswanto sembari menambahkan, pameran diikuti 72 Stand rinciannya Provinsi Sulut 15 Stand (Kabupaten/Kota se-Sulut), BPBD Jabar, DKI, Sulteng, Maluku, Malut, Gorontalo, Sulsel, Sultra, Kalimantan dan BPBD Sumbar, serta Instansi terkait lainnya.

    Walikota menemani tim BNPB memantau beberapa kegiatan di lokasi.
    Menariknya, berkaitan dengan pameran tersebut akan dilaksanakan Gerakan Pengurangan Resiko Bencana untuk Ketangguhan yang diikuti 3000 tenaga relawan nasional dan internasional.
    Juga menampilkan berbagai peralatan penanggulangan resiko bencana yang didatangkan BNPB Pusat.
     
    "Terima kasih saya kepada BNPB Pusat yang melaksanakan pameran di Kota Manado ini. Apalagi, saya dengar peralatan penanggulangan bencana ini sebagiannya akan ditinggalkan di Sulawesi Utara untuk membantu dalam menanggulangi resiko bencana di Sulut termasuk di Kota Manado," tandas Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA.


    Lanjut dikatakan pemimpin yang sangat peduli rakyat itu menyadari Manado rentan terhadap resiko bencana, dirinya yakin jika pemerintah mulai dari pusat sampai daerah selalu tanggap dan cepat dalam melakukan penanganan seperti saat bencana banjir bandang terjadi di Manado 15 Januari 2014 lalu. (riskysondakh)

    BERITA UTAMA