NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    Mei 17, 2017

    Dirjen Pantau Kesiapan Sarana Prasarana RSUP Kandou

    Tidak ada komentar
    Jelang Akreditasi International 2017

    Manado –
    Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Dr RD Kandou Manado terus melakukan pembenahan jelang Akreditasi International. Kesiapan tersebut tak luput dari pantauan Dirjen Pelayanan Kesehatan (Yankes) Kementerian Kesehatan RI dr Bambang Wibowo, Sp.OG (K) MARS.




    Terbukti, Rabu (17/5) siang Dirjen didampingi Sesdirjen Yankes Dr dr Agus Hadian Rahim, Sp.OT, bersama tim melakukan pemantauan langsung pada sejumlah ruangan serta fasilitas-fasiltas yang ada di RSUP Kandou.


    “Kedatangan kami di RSUP Kandou untuk melihat secara langsung kesiapan dalam hal sarana dan prasarana yang ada di sini, selain itu kami ingin mengevaluasi kualitas pelayanan dan keuangan di RS Kandou,” tegas Dirjen.


    Dari segi fasilitas kata dia, RSUP Kandou sudah bisa dikategorikan cukup mulai dari ICU, Radioterapi hingga Bedah Jantung, ditambah peralatan medisnya  cukup menunjang apalagi ada beberapa alat masih baru. “Untuk pasien jantung tak perlu lagi ke rumah sakit Harapan Kita Jakarta,” kata dia.


    Soal pelayanan dalam penilaian akreditasi, ia menyebut terdiri dari beberapa aspek diantaranya kesiapan sarana, prasarana serta tenaga dokter dimana kemampuan teknis dokter paling penting dalam hal kemampuan berkomunikasi dengan pasien serta keluarga. “Menempatkan pasien itu pada hal memilih sedangkan dokter menjelaskan kemungkinan serta resiko,” katanya.

    RSUP Kandou kata dia merupakan salah satu rumah sakit vertikal, dan menjadi  rumah sakit rujukan nasional, makanya sudah jadi kewajiban pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan mendorong agar RSUP Kandou melakukan pembenahan dan memenuhi persyaratan akreditasi.


    Sementara itu saat memberikan arahan pada Direksi, Dewan Pengawas serta sejumlah pejabat struktural di aula lantai 2, Dirjen mengingatkan pada visi dan misi rumah sakit yang bukan hanya sebatas tulisan, tapi harus dicapai dan tercapai karena secara organisasi sudah menjadi tanggung jawab bersama.
    “Semua harus bersinergi dan terus melakukan inovasi, pembangunan fisik juga perlu tapi yang terpenting adalah pelayanan pada pasien,” ingatnya.


    Pada kesempatan itu Dirjen juga melakukan penandatanganan prasasti peresmian tujuh gedung yaitu, gedung Hemodialisis (Dahlia), gedung Instalasi Pengelola Pasien Jaminan, gedung Instalasi Radioterapi, gedung TB-DOTS, gedung Pediatric Intensive Care Unit (PICU), gedung Auditorium (Aula RS)



    Sebelumnya Dirut RSUP Kandou dr Maxi Rondonuwu DHSM MARS, melaporkan sejumlah sarana dan prasarana yang ada di RS Kandou, bahkan sejumlah penghargaan ikut dilaporkan kepada Dirjen dan rombongan.(vsc)






    BERITA UTAMA