NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    Juni 07, 2017

    Bantuan Dana Korban Banjir Rawan Korupsi

    Tidak ada komentar
    Manado-

    Dana bantuan bagi korban banjir yang dijanjikan diberikan pada tanggal 10 Juni oleh pihak BPBD Kota Manado, ditanggapi Legistlator Manado dari Fraksi PKS Syarifudin Saafa. Kata dia, dana bantuan bagi korban banjir yang tak kunjung diterima berakibat dari masalah pendaatan yang masuk ke BPBD.

    "Saya kira Pemerintah Kota harus punya konsen sangat kuat supaya ini dijadikan prioritas, karena basic dari program itu harus ada data-data yang jelas. Contoh masalah dana bantuan dana korban banjir data-datanya sudah dari awal SK sudah ditandatangni Walikota tetapi tiba-tiba dibuat pendataan yang baru, sementara pendataan baru itu tidak dimaksudkan untuk mendapatkan dana bantuan dari pusat, karena bencana di Manado itu tidak seperti bencana di Sumatra yang memang bencananya berkali-kali,” katanya.

    Syarifudin Safaa
    Tentunya dia berharap dapat sama-sama mendorong dan mensupport agar pemerintah terus berjuang untuk mendapatkan dana tersebut. Lanjut dikatakannya lagi, problem data inilah yang menyebabkan masalah, masalah yang tadinya sudah clear tetapi muncul dan muncul lagi sampai dia mendengar informasi ada lima ribuan padahal yang teralokasi tidak sampai seribu.
    "Jadi saya meningatkan kepada pemerintah agar maslah pendataandiseriusi, kan di setiap kecamatan ada petugas kelurahan dan kepala lingkungan betul-betul di data sedemikian baik supaya semua program pemerintah basicnya adalah data,” ujar Saafa.

    Saat ditanya soal adanya dana yang kemungkinan di korupsi, Saafa menjelaskan soal itu dia belum bisa memberikan pernyataan karena belum memiliki data. "Tetapi secara umum semua hal yang berhubungan dengan penyalagunaan uang harus dilaporkan kepada pihak yang wajib dan di proses, apalagi menyangkut dana bencana. Dana bencana itu sebenarnya ada dana tambahannya, yaitu tidak boleh dipermainkan karena menyangkut hidup orang yang terkena bencana jadi jika menyangkut dana bantuan korban bajir tidak boleh main-main, jika main-main hukumannya akan lebih berat dan saya kira penegak hukum harus sadar juga kalau terkait dengan dana bantuan korban banjir penegak hukum tidak boleh lemah dalam pengusutan kasus seperti ini.(riskysondakh)




    BERITA UTAMA