NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    November 27, 2017

    Letkol Toar Pioh Promosi Tarian Cakalele di Jakarta

    Tidak ada komentar
    Jakarta -

    Setelah sukses membawa sekira dua ratusan lebih prajurit dan Waraney memperagakan tarian perang dalam ajang Manado Fiesta yang diselenggarakan Pemerintah Kota Manado beberapa bulan lalu.

    Kali ini Letkol arm Toar Pioh kembali mempromosikan budaya Tarian perang cakalele Adat Minahasa yang dikenal dengan nama Kabasaran  di Jakarta dengan jumlah peserta sebanyak 250 orang pada Minggu siang, 26 November 2017 dalam Kegiatan yang bertajuk Festival budaya Tonsea di Jakarta yang diselenggarakan pengurus dan panitia Paimpuluan Ne Tonsea.

    Pada voxsulut.com, Via Whatsapp tuama Minahasa yang oleh Forum Wartawan Peduli adat dan budaya Sulut didapuk sebagai dewan pembina, Letkol arm Toar Pioh mengatakan kegiatan ini dilaksanakan tujuannya semata mata hanya melestarikan sekaligus mempromosikan bahwa adat dan Budaya Sulut terpelihara dengan baik.

    "Sebagai Tuama Minahasa saya berkewajiban melakukan itu, " tukas Ayah dari dua putri kembar ini.

    Hal ini memdapat respon yang sangat baik dari berbagai unsur maupun masyarakat Sulawesi Utara khususnya. Seperti yang di sampaikan atau diutarakan oleh salah seorang masyarakat yang meninjau langsung kegiatan tersebut.

    "Sebagai orang Minahasa saya bangga karena budaya Minahasa bisa diekspos di ibukota negara dan bahkan menjadi salah satu rekor baru di Indonesia. Tentunya ini harus dibanggakan," pungkas Olga Palilingan, warga Manado yang berkediaman di Jakarta yang melihat langsung kegiatan tersebut.

    Selanjutnya sesuai informasi yang di dapat kegiatan nasional yang membanggakan budaya Minahasa tersebut mempunyai rangkaian kegiatan yang di awali dengan kegiatan Maniwo Jumat, 24 November 2017, Festival Budaya Sabtu, 25 November 2017 dan
    diakhiri dengan Defile tarian kabasaran serta pakaian dan tarian seni budaya Tonsea-Minahasa di awali dengan start bundaran Hotel I donesia (Bundaran HI) menuju tugu Monas.

    Hal yang paling membanggakan dari kegiatan yang di sponsori oleh putra daerah ini ialah pencapaian rekor MURI sebagai tarian Kabasaran terbanyak di Indonesia. (FalenLogor)

    BERITA UTAMA