NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    Januari 19, 2018

    Banyak Masalah, Lima Sekolah Favorit Dipanggil DPRD Sulut

    Tidak ada komentar

    Suasana Hearing yang digelar Komisi IV
    Manado-

    Banyaknya permasalahan di bidang pendidikan khususnya yang terkait dengan pungutan liar mengatasnamakan pembayaran uang komite yang disinyalir dilakukan sekolah-sekolah di Sulawesi Utara, menmbuat Komisi IV DPRD Sulut yang diketuai James Karinda Sh, MH didampingi Sekretaris Komisi Fanny Legoh, serta anggota komisi Sisca Mangindaan dan Muslimah Mongilong melaksanakan hearing dengan sejumlah kepala sekolah dan dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Sulut Gemmy Kawatu, Kamis (18/01) di ruang rapat Komisi IV DPRD Sulut, Kairagi Manado.

    Saat hearing James Karinda dkk langsung mempertanyakan terkait keresahan yang dianggap mencederai dunia pendidikan di Indonesia khususnya Sulawesi Utara.

    “Komite semakin meresahkan masyarakat. Padahal, sekolah gratis adalah program dari Presiden dan didukung penuh Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, kok ada kejadian seperti ini lagi,?" tanya Karinda dihadapan 5 kepala sekolah SMA/SMK yang dipanggil hadir dalam hearing tersebut.

    Selain itu Ketua Komisi IV ikut mempertanyakan terkait masalah tahan menahan ijazah hanya dikarenakan belum membayar komite yang dilakukan oleh salah satu sekolah ternama di Sulut.

    Menurutnya hal itu adalah sebuah perlakuan yang tak bisa dilakukan oleh sekolah karena menurutnya dana komite sebenarnya tidak bisa memasang target.

    “Ini tidak boleh terjadi. Ijasah tidak bisa ditahan, harus diberikan kepada murid. Apalagi alasannya karena belum membayar. Bagaimana nasib para siswa tersebut, jika ijazah tidak ada,?" tegas politisi dari Partai Demokrat ini.

    “Bila itu terjadi, berarti pungli,” lanjut politisi yang dikenal vokal dalam permasalahan-permasalahan yang meresahkan masyarakat tersebut.

    Anggota Komisi IV Sisca Mangindaan pun mengingatkan pihak Sekolah dalam melakukan pungutan apapun bentuknya, yang paling utama harus dipertanggung jawabkan agar tidak menjadi salah yang akhirnya bisa berdampak hukum.

    Diketahui, kelima Sekolah Menengah Atas/Kejuruan yang dipanggil hearing Komisi IV Bidang Kesra adalah, SMA Negeri 1 Manado, SMK Negeri 1 Manado, SMA Negeri 2 Manado, SMA Negeri 7 Manado dan SMA Negeri 9 Manado. (Falen Logor)

    BERITA UTAMA