NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    Februari 08, 2018

    Dinkes Sulut Antisipasi Mie Mengandung Boraks

    Tidak ada komentar
    dr Debie Kalalo MSc PH
    Manado-

    Terkait ditemukannya mie yang mengandung bahan berbahaya Boraks di Kota Manado, membuat Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara langsung bergerak mengantisipasi jatuhnya korban.

    Saat diwawancarai Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Utara. dr Debie Kalalo MSc PH, mengatakan pihaknya tengah melakukan koordinasi lintas sektor guna mengetahui sejauh mana dampak negatif pada kesehatan masyarakat Sulawesi Utara.

    "Khusus kota Manado yang sempat beredar isu mengkonsumsi makanan mengandung senyawa kimia yang kerap kali digunakan untuk industri kertas, pengawet kayu, pengontrol kecoa dan industri keramik tersebut," ujar Kalalo.

    Sementara itu, Kepala BPOM Manado Rustiawati mengatakan bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Manado telah mengeluarkan surat edaran tertanggal 31 Januari 2018 tentang perihal temuan yang pangan mengandung boraks di sejumlah pasar tradisional.

    "Untuk itu ada tim pengawas terpadu bahan berbahaya sudah turun memeriksa penyalur yang menggunakan borax tersebut, segera ditindaklanjuti. Yang perlu diperhatikan beberapa efek negatif mungkin terjadi pada masyarakat jika mengkonsumsi makanan yang mengandung boraks yakin yakni dari demam mual muntah dan diare sampai dapat merusak kesuburan serta menyebabkan kematian," ungkap Rustiawati.(riskysondakh)

    BERITA UTAMA