NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    Maret 14, 2018

    GIAK dan IPI Bahas Persiapan Pilpres di Manado

    Tidak ada komentar
    Suasana bedah Pilpres yang digelar kemarin.
    Manado-

    Menjelang pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang akan diselenggarakan tahun 2019 mendatang, banyak unsur mulai mempersiapkan diri baik dari segi pelaksana kegiatan entah KPU dan Panwas, maupun partai dan kader politik bahkan masyarakat pun mulai berancang-ancang menyiapkan siapa yang harus dipilih nantinya.

    Menyikapi kontestasi nasional ini, tanggapan dan penilaiaan-pun menjadi bagian penting terlaksananya pemilihan calon orang nomor satu dan dua di negara yang berasaskan bhineka tunggal ika ini.

    Hal inilah yang menjadi dasar Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerakan Indonesia Anti Korupsi (GIAK) besama Indonesian Public Institute (IPI) menyelenggarakan kegiatan diskusi publik yang bertemakan "Bedah pilpres dan cawapres 2019" yang dipusatkan di Hotel Aston, Manado, Selasa (13/03) dengan mengundang unsur pers dan masyarakat.

    Hal menarik yang dirangkum wartawan media ini dalam kegiatan tersebut, dimana pembicara utama DR. Jerry BJ Massie Ph.D dalam pemaparannya memprediksikan, nantinya dalam pemilihan capres dan cawapres ini akan ada 3 poros koalisi besar yang digadang-gadang akan bertarung untuk memenangkan kontestasi berskala nasional tersebut.

    3 Poros koalisi tersebut menurutnya, antara lain yang pertama Koalisi Pemerintah dan partai pendukung Joko Widodo untuk maju kembali dalam perhelatan pemilihan ini, dimana menurutnya Jokowi masih akan di calonkan kembali sebagai calon presiden, menginggat sudah ada 8 partai yang telah menyatakan siap mengusung kembali presiden ke 7 RI tersebut.

    Yang kedua ia berasumsi akan munculnya poros koalisi oposisi yang dalam hal ini partai Gerindra yang memang terang-terangan menyatakan kembali calon untuk diusungnya, ada juga partai Demokrat yang belum terang-terangan akan bersama-sama dengan tim pemerintah atau akan membuat poros baru melawan poros koalisi pemerintah.

    Yang ketiga ia beranggapan, nantinya akan ada poros agama yang dibentuk untuk menandinggi poros lainnya menginggat ada partai-partai keagamaan yang juga mulai menyatakan signal mereka bisa jadi mengusung calon baru.

    "Tiga poros ini menurut saya akan muncul dalam perhelatan pilpres dan cawapres 2019, nantinya. Tapi kita harus ingat juga, bahwa ini hanya sebuah asumsi yang bisa saja terjadi dan tidak terjadi," paparnya dalam diskusi tersebut sambil memutar kembali skema ketiga poros koalisi dengan menggunakan elektabilitas yang disurfey Indonesian Public Institute (IPI) dan pandangan-pandangan dari peserta diskusi.

    Diketahui menurut Jerry Massie, maksud dari diadakannya kegiatan ini untuk mengupas bersama bagaimana nantinya pilpres dan cawapres barlangsung dan hal-hal apa saja yang boleh dan akan terjadi nantinya.

    "Pokoknya yang terbaiklah yang diharapkan terjadi dalam pilpres 2019 mendatang, kita hanya membedah saja kemungkinan yang bisa terjadi dan akan terjadi," tutur ketua GIAK Sulut dan peneliti IPI ini.(Falen Logor)

    BERITA UTAMA