NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    April 17, 2018

    Dinas Perpustakaan Meredup, Ini Permintaan Legislator ke Pemprov Sulut

    Tidak ada komentar
    Fanny Legoh
    Manado-

    Saat pelaksanaan rapat LKPJ Gubernur tahun 2017, Senin (16/4) Eksekutif dan Legislatif Sulut menyoroti dengan serius Peran Dinas Perpustakaan Sulawesi Utara (Sulut) yang terlihat kian meredup.

    Hal ini terlihat dari jumlah pembaca yang datang ke dinas ini tak kunjung banyak atau bisa dihitung dengan jari saja bahkan gedung-gedung yang mulai tak terawat.

    Banyak pemerhati yang saat ini mempertanyakan eksistensi dan fungsi dari dinas yang dipimpin S.J.M Lucas tersebut.

    Bahkan terlihat, dari gedungnya yang berangsur-angsur menua, banyak orang menilai bahwa dinas ini sudah tidak layak lagi untuk dipertahankan.

    Tentu ini menjadi sorotan tersendiri bagi pemerintah propinsi Sulut bahkan bagi Lucas yang merupakan kepala dinas perpustakaan tersebut.

    Memang, masa kerja Lucas masih bisa dianggap baru karena sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) sebelum dipindah-tugaskan ke dinas tersebut.

    Tentu ini menjadi pekerjaan rumah (PR) tersendiri baginya, dimana ia harus bekerja sebaik mungkin untuk mengembalikan eksistensi dan menimbulkan niat membaca bagi seluruh komponen masyarakat Sulut yang ada.

    Anggota DPRD Sulut pun angkat bicara mengenai hal ini. Fanni Legoh selaku Sekertaris Komisi IV di saat mendengarkan laporan pertanggung-jawaban dinas perpustakaan tersebut sangat prihatin. Menurut Legoh, dirinya sangat berharap dinas ini dapat menjadi salah satu dinas yang dapat berkontribusi dalam mensukseskan visi-misi gubernur dan wakil gubernur Sulut.

    "Saya sangat berharap banyak dengan dinas ini, banyak keuntungan sebenarnya yang bisa didapat dari sini (perpustakaan,red), kita bisa membaca dan mencari tahu apa yang belum diketahui lewat membaca. Ini harus diperhatikan," tegas politisi partai PDIP tersebut.

    Dirinya pun memberikan usulan terkait dengan dinas ini. Di depan Sekertaris Propinsi (Sekprov) Legoh berharap agar supaya adanya sinergritas yang baik lintas instansi pemerintah.

    "Saya berharap adanya komitmen bersama untuk kemajuan perpustakaan ini. Saya mengusulkan agar supaya pemerintah dalam hal ini Gebernur dan Wakil Gubernur yang di dalamnya ada pak Sekprov, supaya mengagendakan satu hari dalam seminggu untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) datang ke perpustakaan milik daerah ini untuk membaca di dinas tersebut," usul wakil rakyat yang dapil Minahasa-Tomohon tersebut.

    Mendengar usulan ini, Sekprov pun menyetujui dan dan menjadikan usulan ini sebagai rekomendasi untuk kedepannya.

    "Terima kasih pak Fanny Legoh, ini akan kami perhatikan dan akan menjadi rekomendasi kami untuk dinas perhubungan," tutup Sekprov sambil melemparkan rekomendasi ini kepada Kepala Dinas tersebut. (Falen Jaksen)

    BERITA UTAMA