NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    April 10, 2018

    Dirut: Clinical Pathway Standar Akreditasi International dari JCI

    Tidak ada komentar
    Manado -

    Sebagai rumah sakit yang telah terakreditasi Paripurna, RSUP Kandou terus meningkatkan kualitas pelayanan di segala bidang termasuk alur proses kegiatan pelayanan pasien yang spesifik untuk suatu penyakit atau tindakan tertentu mulai dari pasien masuk sampai pasien pulang yang merupakan integrasi dari pelayanan medis, pelayanan keperawatan, pelayanan farmasi dan pelayanan kesehatan lainnya yang disebut dengan Clinical Pathway.

    Dirut saat menyampaikan penjelasan
    Clinical Pathway bukan merupakan Clinical Guidelines atau Protocol karena setiap kasus dalam Clinical Pathway dibuat berdasarkan standar prosedur dari setiap profesi yang mengacu pada standar pelayanan dari profesi  masing-masing, disesuaikan dengan strata sarana pelayanan rumah sakit.

    Sehubungan dengan hal tersebut dilakukan workshop tentang Clinical Pathway, Selasa - Rabu (10 - 11/4) di aula gedung pusat RSUP Kandou Manado.

    Para dokter dan pejabat struktural ikut hadir

    Kegiatan yang dibuka Direktur Utama dr. Maxi R. Rondonuwu, DHSM. MARS didampingi direktur SDM dan Pendidikan Dr. dr. Jimmy Panelewen, SpB-KBD dan Direktu Medik dan Keperawatan dr. Celestinus Eigya Munthe, Sp.KJ diikuti para Dokter, resident, kepala bagian, ketua KSM, kepala Instalasi, dan kepala ruangan.

    Kata Dirut, kegiatan ini bertujuan
    meningkatkan pemahaman dan keterampilan pimpinan dan staf rumah sakit dalam menyusun Clinical Pathway, dan secara khusus bertujuan untuk
    memahami konsep dasar dan manfaat Clinical Pathways memahami langkah-langkah penyusunan Clincial Pathways, mampu melakukan penetapan topik Clinical Pathways dan tim penyusun mampu melakukan evaluasi pelaksanaan PPK (Clinical Guidelines), mampu melakukan studi literatur untuk merevisi PPK (Clinical Guidelines) dan mampu medesain formulir clinical pathway.

    Suasana pelaksanaan workshop
    "Sistem jaminan kesehatan nasional menuntut manajemen rumah sakit untuk mampu melakukan kendali mutu dan  kendali biaya, antara lain melalui penerapan clinical pathway, selain itu juga sebagai standar akreditasi internasional dari JCI," tegasnya.

    Oleh karena itu dia meminta agar implementasinya dilapangan harus diperbaiki dengan benar agar evaluasinya juga benar karena tidak lama lagi RSUP Kandou akan menghadapi inisial oleh JCI sekitar bulan juli 2018 tahun ini.

    "Kementerian kesehatan menetapkan bahwa tahun ini hanya ada satu rumah sakit vertikal yang sudah siap dinilai oleh JCI yakni RSUP Kandou oleh karena itu kita tetap semangat dan terus optimis bisa meraih JCI tahun ini " pungkasnya.(vsc)

    BERITA UTAMA