NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    April 30, 2018

    DPRD Sulut Paripurnakan Perda Pajak dan Retribusi Daerah

    Tidak ada komentar
    Ketua DPRD memberikan draft Perda ke Wagub Sulut
    Manado-

    Setelah melakukan pengkajian yang matang dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut), melalui Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perubahan Tentang Pajak dan Retribusi Daerah Propinsi Sulawesi Utara, Jumat (27/04) Ranperda tersebut diparipurnakan DPRD Sulut menjadi Peraturan Daerah (Perda) dengan menghadirkan pemerintah Propinsi Sulawesi Utara, yang dihadiri Wakil Gubernur Steven Kandouw.

    Doa bersama sebelum paripurna dimulai
    Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw didampingi Wakil Ketua Stevanus V. Runtu, Wenny Lumentut, dan Marten Manoppo memimpin langsung Paripurna tersebut dan dihadiri anggota-anggota DPRD Sulut.

    Noldy Lamalo sebagai ketua pansus menjelaskan di paripurnakan-nya ranperda ini menjadi Perda adalah tak lepas dari peran SKPD yang membantu secara responsif sehingga bisa berjalan dengan baik.

    Ketua DPRD memimpin langsung paripurna
    Selanjutnya, Lamalo menjelaskan revisi ranperda ini mengalami peningkatan sebesar 7,5% dari yang sebelumnya.

    "Beberapa perubahan dalam rancangan peraturan daerah tentang perubahan kedua atas Peraturan Daerah Propinsi Sulawesi Utara antara lain  nomor 7 tahun 2011 tentang pajak daerah tahap satu ketentuan umum pasal I angka 6, pasal  7 ayat 1 huruf  B tentang pajak progresif, Pasal 12 ayat 3,4 dan 5 yang mengatur tentang kendaraan baru dan lama serta pelaporan fiskal  mutasi kendaraan, maupun perubahan fungsi kendaraan, pasal 13 A ayat 1 tentang ketentuan bagi kendaraan berat maupun kendaraan atas air, Pasal 19 ayat 1 tarif bea balik nama kendaraan bermotor, pasal 23, Pasal 25 tentang kepemilikan kendaraan bagi instansi pemerintah serta kendaraan luar daerah, Pasal  31 dan 32 tentang pajak pembelian bahan bakar oleh pihak industri, pertambangan dan lain sebagainya, serta pasal 73 tentang penghapusan piutang pajak," papar Lamalo ketika membacakan Laporan Pansus di hadapan seluruh undangan paripurna yang hadir.

    Suasana rapat paripurna
    Disamping itu, tak hanya Lamalo, Marvel Makagansa selaku Sekertaris Pansus juga diberikan kesempatan untuk membacakan hasil laporan Pansus terkait dengan perubahan kedua Perda tersebut.

    "Pansus berharap agar Ranperda tentang perubahan kedua atas peraturan daerah propinsi Sulawesi Utara nomor 1 tahun 2012 dapat memberi kontribusi bagi daerah serta memberi manfaat yang besar dari segi pendapatan  maupun masyarakat dalam pemanfaatannya," harap Makagansa setelah selesai menbacakan hasil laporan tersebut.

    Anggota pansus menyerahkan draft ke pimpinan dewan
    Lanjut, hasil laporan pansus diberikan DPRD kepada pemerintah propinsi dan diterima langsung Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandow, yang didampingi Sekertaris Propinsi Edwin Silangen yang juga hadir dalam paripurna ini.

    Sementara itu, apresiasi diberikan Steven Kandouw mewakili Gubernur. Dia berharap Komitmen lembaga ini tetap dijaga sebagai bukti bahwa kesejahteraan kepada masyarakat terus dijunjung tinggi oleh pemerintah dan juga Lembaga rakyat ini.

    "Pansus yang telah berkomitmen serta bekerjasama dalam merampungkan  penyususnan kedua ranperda tersebut. Ini perlu diapresiasi, dan pemerintah berharap melalui perda ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) maupun pelayanan kepada masyarakat makin di optimalkan dan mengalami peningkatan," harap Kandouw di akhir sambutannya. (Falen Logor)

    BERITA UTAMA