NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    Juni 03, 2018

    PLN Klarifikasi Penyebab Gangguan Listrik di Bolmong

    Tidak ada komentar
    PLN Suluttenggo saat melaksanakan program Ramadhan
    Kotamobagu -

    Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Kotamobagu menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya kenyamanan pelanggan, diakibatkan terjadinya padam listrik belakangan ini ke arah Tutuyan, Molibagu dan Sabtu, (02/06) khususnya ke arah Dumoga.

    General Manager PLN Suluttenggo Edison Sipahutar melalui Manajer PLN Area Kotamobagu, Meyrina Turambi menyebutkan, padamnya listrik yang terjadi secara mendadak ini dikarenakan gangguan oleh beberapa hal.

    GM PLN Suluttenggo Edison Sipahutar
    "Gangguan beberapa hari ini yaitu arah Bolsel dan Boltim dikarenakan akibat curah hujan yang tinggi serta gangguan alam. Seperti Pohon roboh di beberapa titik, tepatnya di Desa Sinombayuga, Desa Landia, Dodap dan Danau Tondok," ungkapnya.

    Selain itu, terjadinya padam listrik di daerah Dumoga tambah dia itu dikarenakan ada layang - layang, umbul - umbul, rusaknya peralatan (Arrester dan Isolator) dan juga beberapa kali pemadaman akibat adanya pekerjaan pemeliharaan Jaringan dalam persiapan menjelang Bulan Ramadhan.

    Manager PLN Kotamobagu Meyrina Turambi (tengah)
    "Jaringan yang mensuplai daerah Dumoga cukup panjang, kurang lebih 190 kMs, membuat proses penormalan gangguan
    yang cukup lama. Sehingga, dalam melakukan pemeriksaan harus dilakukan secara bertahap dengan tetap memperhatikan faktor keselamatan dan keamanan baik Personil dan Peralatan," sebutnya.

    Dia menyebut dalam kondisi malam hari serta hujan, tim terus berupaya melakukan pelacakan serta penormalan agar suplai listrik bisa segera dinikmati masyarakat. "Yang pasti tidak ada unsur kesengajaan untuk melakukan pemadaman," tambahnya.

    Selain itu ungkapnya lagi, upaya perbaikan pelayanan yang sedang dilakukan adalah dengan membangun penyulang/jurusan baru melewati Pindol ke arah Imandi dari GI Lolak.

    Hal itu bertujuan untuk memudahkan melakukan manuver suplai Listrik jika terjadi gangguan.

    "PLN juga terus melakukan pemangkasan Pohon, pemeliharaan konstruksi jaringan serta melakukan perbaikan guna meningkatkan kehandalan supply listrik," tambahnya.

    Di Tahun 2018 ini dia menyebut Gardu Hubung yang berada di jalur Dumoga yaitu Gardu Hubung Motoboi Kecil dan Doloduo akan dijadikan Gardu Hubung full otomasi, sehingga jika gangguan identifikasi penyebab dan proses penormalannya bisa lebih cepat.

    Sebelumnya PLN Area Kotamobagu telah melaksanakan apel gelar pasukan dan peralatan yang dipimpin langsung Manajer Area Kotamobagu Meyrina Turambi.

    Hal ini dilakukan dengan tujuan sebagai langkah antisipasi dan siaga agar sistem ketenagalistrikan selama Ramadhan hingga Perayaan Idul Fitri berjalan baik.

    Demi mengoptimalkan pendistribusian listrik ke seluruh pelanggan, PLN Suluttenggo juga telah melakukan serangkaian pekerjaan preventif guna meminimalisisai terjadinya gangguan selama Ramadhan mulai dari pemeliharaan gardu, penggantian material jaringan hingga pemangkasan pohon yang berpotensi mengganggu jaringan.

    Selain itu PLN juga menyiapkan SOP khusus, pemeliharaaan terencana serta menyiapkan piket pengatur dan posko, jika diperlukan menyediakan genset di tempat Sholat Ied.

    "Kami juga menghimbau pemerintah Desa agar warga tidak bermain layang-layang di dekat Jaringan Listrik dan memasang Umbul Umbul di bawah Jaringan Listrik," harapnya.

    Disisi lain kondisi kelistrikan di Sulut-Go sendiri dalam kondisi memadai, dimana beban puncak berada pada kisaran 360.307 MW dengan Daya mampu 417.800 MW.

    Dengan demikian pasokan listrik memiliki cadangan yang cukup sepanjang Ramadhan hingga Idul Fitri.

    “Sekali lagi kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi terutama bagi pelanggan yang menjalankan ibadah puasa. Kami akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan menjelang Hari Raya Idul Fitri.” tutup Meyrina.(vsc)

    BERITA UTAMA