NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    Maret 04, 2019

    Pilih Caleg Berintegritas Jangan yang Korupsi

    Tidak ada komentar
    AK7 mengikuti kampanye terbatas
    Manado -
    Tinggal dua bulan lagi pesta demokrasi di Indonesia akan digelar. Di Sulawesi Utara pemilihan calon legislatif pun kian menarik diikuti. Menariknya daerah pemilihan (Dapil) Kota Manado disebut sebut merupakan dapil terpanas karena selain diikuti figur figur ternama dan berpengalaman dapil ini paling menarik karena sebagai ibukota Provinsi Sulut.

    Frederik Kaparang Sip, pengamat politik Sulut menyebut, sesungguhnya yang lebih dibutuhkan oleh caleg saat ini bukan pada sekadar usia, melainkan juga kematangan berpikir, mental dan juga yang tidak kalah penting adalah jejaring.

    Dengan demikian kata dia, faktor-faktor internal individu tentu menjadi persyaratan pertama yang harus diselesaikan dan diuji secara ilmiah. Sedangkan rekam jejak aktivitas politik perlu dibuktikan melalui curriculum vitae.

    "Di sini kemudian juga menjadi penting, bahwa peran partai politik dalam mengusung calon harus mempertimbangkan banyak aspek. Tidak sekadar merekrut dan mencari sensasi, melainkan juga bagaimana politisi ini nantinya mampu bekerja sama dengan kolega bekerja dengan baik," tegas Kaparang

    Di sisi lain tambahnya, persoalan yang tidak kalah penting adalah terkait dengan politisi yang pernah melakukan tindakan korupsi. Adanya partai yang mengusung caleg politisi korup ini sebenarnya susah diterima akal sehat. Apa sedemikian sulitnya partai politik mencari kader yang baik.

    "Politisi yang korup berarti tidak mampu menjaga dirinya sendiri, partainya, apalagi menjaga visi membangun bangsa. Lebih jauh saya kira memang perlu dipikirkan bersama aturan untuk juga menghukum partai politik yang kadernya terlibat kasus korupsi," papar Kaparang.

    Sebelumnya, Lembaga Studi Sosial & Politik TUMBELAKA Academic Centre (TAC) mengungkapkan hasil analisis terkait potensi Caleg di Pemilu 2019 di Dapil Manado.

    “Melihat strategi, keseriusan dan sosialisasi hingga aktivitas bersama masyarakat Kota Manado yang terus dilakukan hingga saat ini, maka saya yakin Caleg Arthur Kotambunan (AK7) akan masuk tiga besar teratas seluruh Caleg ke DPRD Sulut,” ungkap Direktur Eksekutif TAC Taufik Manuel Tumbelaka.

    Kata dia, AK7 sudah sejak tahun 2018 lalu intens melakukan sosialisasi hingga saat ini, sebaliknya banyak Caleg lain baru bergerak setelah selesai Natal atau awal tahun 2019 ini.

    Faktor lain yang juga menjadi pertimbangan TAC adalah pengalaman AK7 yaitu dua periode serta mantan pimpinan DPRD Sulut juga menjadi alasan kuatnya. “Arthur Kotambunan ini sudah punya konstituennya yang dulu, dan itu bukan hal yang sulit untuk ditarik kembali, karena gaya berpolitiknya yang langsung action tanpa banyak bicara, artinya tak banyak janji-janji tapi dibuktikan dengan realisasi nyata,” jelas jebolan Ilmu Politik UGM ini.

    Kelebihan lainnya kata dia, AK7 selalu melayani siapa pun yang ingin menemuinya, serta program-program saat kampanye ini yang terbilang tepat sasaran serta sangat siap dalam segala hal sebagai seorang Caleg.

    “Namun begitu Arthur Kotambunan tak boleh lengah, mengingat saat ini Caleg-caleg Dapil Manado ke DPRD Sulut sudah mulai memainkan strategi pemenangan,” tutup Tumbelaka.(vsc)



    BERITA UTAMA