NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    Maret 13, 2019

    Terima Penghargaan dari Presiden, Walikota Kian Bersemangat Kelolah Pasar di Manado

    Tidak ada komentar

    Tangerang –

    Pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali menyerahkan penghargaan kepada pemerintah daerah dan Perusahaan Daerah (PD) Pasar atas pengelolaan pasar rakyat atau pasar tradisional terbaik, dalam ajang ‘Pasar Rakyat Award 2019’.

    Kegiatan ini digelar di International Convention and Exhibition, Bumi Serpong Damai (ICE BSD), Tangerang, Selasa (12/2) pagi. Salah satu penghargaan diberikan kepada PD Pasar Kota Manado, yakni untuk pasar tradisional Pinasungkulan Karombasan dalam kategori Pengelolaan Pasar Terbaik. Pasar ini ada di antara 13 pasar rakyat di Indonesia yang dinilai semakin baik dalam pengelolaannya.

    Dirut PD Pasar saat menerima penghargaan dari Presiden 
    Penghargaan ini diterima Direktur Utama PD Pasar Stenly Suwuh SE dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), disaksikan langsung Walikota DR GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita. Ikut mendampingi antara lain Direktur Umum PD Pasar Oke Sumual SE, Kadis Perdagangan dan Perindustrian (Perindag) Hendrik Warokka, Camat Wanea Mario Karundeng SSTP dan Camat Malalayang Deysie Kalalo SE MSi.

    Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi mengatakan bahwa penghargaan Pasar Rakyat Award diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada pengelola pasar, termasuk Pemkot Manado melalui PD Pasar, yang telah mengelola dan mengembangkan pasar rakyat dengan baik serta menyediakan barang kebutuhan masyarakat dengan harga yang terjangkau.

    Para penerima penghargaan foto bersama Jokowi
    “Pemberian penghargaan ini bertujuan menumbuhkan kemandirian pasar rakyat untuk melakukan penataan dan pengelolaan pasar secara aktif. Motivasi juga meningkat dalam rangka mewujudkan pasar yang aman, bersih, nyaman, dan berkeadilan,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya.

    Walikota GSVL pun memberikan apresiasi kepada jajaran PD Pasar serta warga Kota Manado yang sudah mendu-kung program pemerintah untuk menjadikan pasar rakyat lebih baik, karena sejak tahun 2017 revitalisasi pasar dilakukan di pasar Pinasung-kulan dan akan dilanjutkan ke pasar rakyat yang ada di Manado.

    “Dengan adanya penghargaan ini, memberikan motivasi bagi saya untuk kerja lebih baik lagi, dimana harus mengelola lebih baik semua pasat rakyat di Manado, mohon dukungan semua warg kota Manado,” ujarnya.

    Walikota foto bersama Dirut dan Dirum PD Pasar
    Dikatakan Walikota GSVL, sejak tahun 2017, Pemkot Manado bertekad memperbaiki dan membangun pasar di Manado agar makin baik infrastruktur dan manajemen pengelolaan pasar. “Mohon dukungan rakyatku, sekarang saya mau bangun pasar Buha, dan bulan April 2019 rencana pasar Kayu Bulan Malalayang akan dimulai penggunaannya,” ujarnya.

    Walikota menerima ucapan dari Menteri Perdagangan
    Program Revitalisasi Pasar Rakyat merupakan salah satu bentuk komitmen Kementerian Perdagangan RI untuk meningkatkan daya saing pasar rakyat, meningkatkan kesejahteraan para pedagang melalui peningkatan omzet, mendukung kelancaran logistik dan distribusi bahan kebutuhan masyarakat dan mendorong terjadinya penguatan pasar dalam negeri di era persaingan global yang kian terbuka lebar.

    Lokasi pembangunan atau revitalisasi pasar rakyat diprioritaskan atau diutamakan untuk pasar yang telah berumur lebih dari 25 tahun, pasar yang mengalami bencana kebakaran, pasca bencana alam, dan konflik sosial, daerah tertinggal, perbatasan, atau daerah yang minim sarana perdagangannya, serta daerah yang memiliki potensi perdagangan besar.
    Tujuan dari revitalisasi pasar rakyat adalah guna meningkatkan pendapatan para pedagang juga pelaku-pelaku ekonomi yang ada di masyarakat. Selain itu juga untuk memudahkan akses transaksi jual beli dengan nyaman. 

    Foto bersama Walikota dan Menteri Perdagangan
    Mekanisme pembiayaan revitalisasi/pembangunan pasar rakyat tersebut dilaksanakan melalui beberapa jalur pendanaan yang bersumber dari APBN dan APBN-P Kementerian Perdagangan RI.(riskysondakh)


    BERITA UTAMA