NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    Mei 01, 2019

    Yakin Segel Satu Kursi ke Senayan, P/KB GMIM Siap Kawal Suara SBANL

    Tidak ada komentar
    Pnt Stefanus BAN Liow
    Manado -

    Anggota Pria Kaum Bapa (P/KB) GMIM yang tersebar di Manado, Minut, Bitung, Minahasa, Tomohon, Minsel, dan Mitra siap mengawal perolehan suara rekan mereka yang mencalonkan diri sebagai utusan DPD-RI daerah pemilihan Sulawesi Utara Pnt Stefanus BAN Liow MAP (SBANL).

    "Selain saksi yang sudah bekerja, kami juga akan terus mengawal perolehan suara rekan sepelayanan kami Pnt SBANL," kata Pnt Adri Pertuack dari jemaat Eben Haezar Kombos.

    Hal senada diungkapkan Ketua Komisi P/KB GMIM Wilayah Tatelu Pnt Hendrik Sondakh.
    "SBANL adalah representasi warga P/KB GMIM. Untuk itu kami akan mengawal secara teliti peroleh suaranya," kata Hendrik didampingi Pnt Robert Mangisili dari P/KB GMIM Rayon Bitung.

    Proses perhitungan suara yang saat ini berada di tingkat kecamatan menjadi sasaran utama anggota P/KB GMIM GMIM untuk memantau suara SBANL.

    "Setiap anggota kami berada di pleno kecamatan untuk memantau perolehan suara," ujar Pnt Maykel Kaseger dari P/KB GMIM Rayon Minahasa.

    Sedangkan untuk wilayah Nusa Utara dan Bolmong Raya juga sudah dibentuk tim pemantau. "Laporan secara sistematis terus mengalir masuk tanpa hambatan. Ini ditunjang oleh kemajuan teknologi komunikasi saat ini," ujar Jachi Sigar Koordinator Bidang IT dan Infokom.

    Sementara itu, meski penghitungan suara hasil Pemilu 2019 di tingkat kabupaten dan kota baru akan dimulai prosesnya, namun dengan hasil penghitungan di tingkat kecamatan sudah bisa menjadi gambaran perolehan umum suara.

    SBANL dengan nomor urut 39 unggul di Kabupaten Minahasa dan Kota Tomohon. Dari berbagai data yang dihimpun, di Kota Tomohon yang merupakan tempat tinggalnya saat ini, SBANL meraih suara terbanyak yakni 22.094.

    Selisih terpaut jauh dengan calon lainnya Maya Rumantir dengan 9.925 suara, Lexi Mantiri 7.352, HWB Sumakul 5.462, Pricilia Rondo 5.066, dan RM Luntungan 2.380.

    Di Kabupaten Minahasa, SBANL unggul dengan raihan 29.429, disusul HWB Sumakul 27.539, Maya Rumantir 27.191, Lexi Mantiri 16.323, Pricilia Rondo 14.075, RM Luntungan 13.174.

    Sementara itu, di Minahasa Selatan RML yang pernah memimimpin kabupaten tersebut sebagai Bupati menjadi jawara. RML meraih suara signifikan 29.581 disusul peringkat kedua putra kelahiran Amurang SBANL 22.134. Keduanya unggul jauh jika dibandingkan dengan calon-calon lainya seperti posisi ketiga HWB Sumakul hanya 12.000 suara.

    Kota Manado menjadi milik Djafar Alkatiri dengan raihan suara sekitar 50.097, disusul Maya Rumantir 39.485, SBANL 15.097, Meiva Lintang 14.594, RM Luntungan 13.111 dan HWB Sumakul 11.809.

    ”Dengan dipublikasikannya C1, menutup peluang terjadi kecurangan. Setidaknya KPU, Bawaslu dan peserta Pemilu telah memiliki data raihan suara. Peserta dapat mengetahui suara calon lainnya,” ujar Michael Salaki, saksi dari SBANL yang meyakini SBANL bisa menyegel jatah satu kursi ke Senayan. (vsc)

    BERITA UTAMA