NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    November 19, 2019

    Jelang Natal dan Tahun Baru, Ini Kata Kabag Ekonomi dan SDA Soal LPG 3 Kg

    Tidak ada komentar
    Kepala Bagian Ekonomi dan Sumber Daya Alam Ir. Nolfie Djoike Talumewo 
    Manado-

    Dalam menjaga stabilitas ekonomi jelang Perayaan Natal dan Tahun Baru nanti, Pemerintah Kota Manado melalui Bagian Ekonomi dan SDA Manado memastikan ketersediaan Gas LPG khususnya 3 Kg cukup untuk masyarakat.

    Saat diwawancarai Kepala Bagian Ekonomi dan Sumber Daya Alam Ir. Nolfie Djoike Talumewo Sore tadi (19/11) di ruangan kerjanya mengatakan, jelang Hari Raya Keagamaan termasuk didalamnya Natal dan Tahun Baru, di Kota Manado tetap melaksanakan pengawasan terhadap pemanfaatan penggunaan dan penjualan elpiji 3 kg di pangkalan pangkalan yang ada.

    "Segala kebutuhan untuk masyarakat akan bisa terpenuhi kalau memang itu sudah dijual kepada mereka yang berhak untuk mendapatkannya, ada memang beberapa tempat yang pengusaha-pengusaha termasuk di dalamnya rumah makan yang dikategorikan cukup besar, bukan kategori sekecil itu diharuskan untuk memanfaatkan elpiji non subsidi yang 5 kg ke atas," kata Talumewo.

    Kata dia lagi, pihaknya baru saja melaksanakan pengawasan di beberapa tempat di rumah makan dimana ada 1 rumah makan yang didapati masih menggunakan elpiji 3 Kg, dan langsung ditindaki dengan elpiji yang non subsidi.

    "Ada beberapa tempat tetap kita akan awasi apalagi memperingati atau menjelang hari raya Natal kebutuhan masyarakat kecil dalam pemanfaatan elpiji 3 kg ini. Dan ini semua kita antisipasi melalui pengawasan monitoring di lapangan bersama dengan Pertamina dan Minggu depan kita juga nantinya ataupun dalam waktu dekat ini akan melibatkan bersama-sama dengan Polresta Manado," ujar Talumewo.

    Ditambahkannya lagi untuk masalah harga pihaknya telah menghimbau kepada semua pangkalan yang ada di Manado, dimana ada 8 agen kemudian ada 676 pangkalan aktif yang menjual elpiji 3 Kg dan yang non subsidi diharapkan untuk tidak menaikkan HET (Harga eceran Tertinggi) yang telah ditetapkan melalui SK Gubernur Sulut nomor 60 tahun 2015 dimana penetapan harga gas elpiji 3 Kg untuk Kota Manado Rp18.000.

    "Apabila nanti kedapatan ada yang yang coba-coba menaikkan harga di atas haid maka kami bersama dengan pihak Pertamina akan langsung mencabut izin dari pangkalan tersebut makanya juga dihimbau kepada masyarakat bagi ada pangkalan yang kedapatan kiranya melapor atau menelpon nomor yang tertera di setiap pangkalan," ucapnya.(riskysondakh)

    BERITA UTAMA