NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    Oktober 31, 2019

    RSUP Kandou Berkomitmen jadi Wilayah Bebas Korupsi

    Tidak ada komentar

    drg Rarit saat memberi pernyataan pada wartawan
    Manado -

    Inspektur Investigasi Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan RI drg Rarit Gempari MARS, mengatakan, Wlayah Bebas dari Korupsi (WBK) dapat dikatakan telah terlaksana di sebuah instansi pemerintah jika mendapat pengakuan publik sebagai penerima pelayanan.

    Demikian kata Rarit di sela menghadiri acara Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Kompeten dan Melayani (WBBKM), di RSUP Prof Kandou, Kamis (31/10).

    Dihadapan Direksi RSUP Kandou, drg Rarit menandatangani komitmen bebas korupsi
    Diakuinya, di lingkup Kementerian Kesehatan telah ada 59 Satker yang meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi. Sementara untuk tingkat nasional sudah mampu diraih oleh tujuh Satker.

    Sedangkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) baru berhasil diperoleh oleh 1 UPT. “Pada peringatan Hari Kesehatan Nasional 12 November nanti, akan diumumkan sebanyak 19 Satker untuk disematkan predikat WBK,” ujar Rarit.

    Kabag Humas Setditjen Yankes memberi sambutan
    Memperoleh predikat WBK, kata Rarit, disarankan agar setiap Satker menjalankan reformasi birokrasi secara transparan dan akuntabel, bersih dari berbagai jenis tindak korupsi, serta melayani.

    “Ketujuh macam tindak korupsi di antaranya kerugian keuangan negara, suap, penggelapan dalam jabatan, pemerasan, perbuatan curang, konflik kepentingan, maupun gratifikasi,” sebutnya.

    Dirut menandatangani komitmen bebas korupsi
    Semua komponen Kementerian Kesehatan termasuk di RSUP Kandou, seru drg Rarit, wajib berkomitmen melaksanakan zona integritas. “Tidak sekadar menghafal definisi operasional zona integritas tersebut,” ujar Rarit.

    Sementara itu, Direktur Utama RSUP Prof Kandou Manado Dr dr Jimmy Panelewen SpB-KBD, mengatakan, semua komponen RSUP Prof Kandou harus terpapar dengan nilai-nilai zona integritas dan wilayah bebas korupsi.

    Direktur Keuangan RSUP Kandou ikut bertandatangan komitmen bebas korupsi
    Menurut Panelewen, nilai-nilai tersebut yaitu pemahaman tentang patut dan tidak patut, etik, budaya kerja yang baik, juga katakan tidak pada gratifikasi.

    “Proses pelayanan yang benar di RS harus dijalankan sejak awal. Dengan begitu akan terwujud komitmen memperbaiki sistem kinerja dan pelayanan di RS yang sesuai regulasi dan tahapan yang berlaku” pungkas Panelewen yang turut didampingi Ketua Tim WBK/WBBKM Dr dr Theresia Isye Mogi SpKFR SH MKes. Ketua Tim WBK/WBBKM Dr dr Theresia Isye Mogi SpKFR SH MKes.

    Jajaran Direksi semangat menyatakan bebas korupsi
    Deklarasi kali ini diikuti seluruh civitas hospitalia RSUP Kandou dan mitra kerja,  disaksikan Kabag Hukormas Setditjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI Yuliana Sriwahyuni SH MH, Dekan Fakultas Kedokteran Unsrat, perwakilan Polda, Kejaksaan, dan Ombudsman Sulut

    Usai deklarasi, semua komponen RSUP Kandou diberikan pembinaan terkait WBK dan WBBKM oleh Itjen Kemenkes dan Ditjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI.(vsc)

    BERITA UTAMA