NEWS :
http://voxsulut.com

TERBARU

    Januari 26, 2020

    Menkes: Sulut Aman, Virus Corona Belum ada di Indonesia

    Tidak ada komentar
    Menkes didampingi Direksi RSUP Kandou melakukan pemantauan dan kunjungan pada pasien terduga Virus Corona
    Manado -

    Menteri Kesehatan Republik Indonesia Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad. (K) melakukan kunjungan ke RSUP Prof. Dr. R. D Kandou Manado, Minggu (26/1) Sore.

    Kehadiran mendadak Menkes untuk melihat secara langsung salah satu pasien yang diduga terkena Virus Corona, sekaligus melakukan pengecekan kesiapan RSUP Kandou yang ditugaskan pemerintah pusat dalam menangani wabah virus Corona.


    Menkes didampingi Dirut RSUP Kandou lakukan pemantauan pada beberapa ruangan
    Pantauan Voxsulut.Com rombongan Menteri tiba sekitar pukul 17.00 WITA dan langsung menuju ruangan Irina F tempat pasien diisolasi.

    Setelah melakukan peninjauan langsung Menteri Kesehatan didampingi Direktur Utama RSUP Prof Kandou Manado Dr dr Jimmy Panelewen, Sp.B-KBD, Direktur SDM dan Pendidikan Dr dr Ivonne Elisabeth Rotty, M.Kes, Direktur Keuangan Dewi Anggraini SE, MM, Wakil Walikota Manado Mor Bastian dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara dr Debby Kalalo, langsung menggelar Konfrensi Pers.

    Menkes didampingi Direksi RSUP Kandou, Wawali Manado dan Kadis Kesehatan Sulut menyampaikan keterangan pada wartawan
    "Sulawesi Utara Aman, jadi masyarkat tak perlu panik sebab pemerintah selalu siap dan telah memerintahkan semua unsur untuk melakukan pemeriksaan di setiap pintu-pintu masuk lewat infrared ataupun secara langsung, seperti di bandara sudah ada alat pendeteksi suhu tubuh atau thermal scanner," ucapnya.

    Lanjut kata Menkes, dirinya bangga pada masyarakat sekarang yang memiliki kesadaran sangat tinggi.

    "Seperti pasien yang sementara dirawat saya menyapa kepadanya dengan sebutan Pahlawan sebab memiliki kesadaran tinggi dan berani menghubungi pihak rumah sakit untuk diperiksa, sebelumnya pasien tersebut baru saja pulang dari China dan merasa badannya kurang enak batuk dan pilek sehingga memeriksakan diri, tindakan seperti ini sangat penting agar semua tetap aman," jelas Dokter Terawan menceritakan sembari menyebut
    pasien saat ini pileknya sudah redah dan demamnya sudah turun, namun pasien masih bersedia untuk tetap dirawat sesuai prosedur penanganan sambil menunggu pemeriksaan laboratoriumnya keluar.

    Menteri Kesehatan juga menuturkan, Virus Corona sampai sekarang belum ada di Indonesia.

    "Sampai sekarang virus corona belum ada di Indonesia, sambil kita semua tetap berdoa agar tidak akan sampai terjadi, tak perlu takut terkait kunjungan-kunjungan turis China sebab mereka sebelum diberangkatkan ke tempat tujuan wisata mereka sudah diperiksa di negara asalnya sesuai prosedur dan terkoneksi dengan Indonesia.

    Dalam himbauannya Menkes juga mengatakan untuk masyarakat tetap menjaga kesehatan.

    "Mari kita terapkan terus "GERMAS" Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dengan selalu menjaga kebersihan tubuh, mencuci tangan dengan benar, bersin tak perlu dibagi-bagi dan selalu bersyukur," kata Terawan sambil melemparkan senyuman.

    Selesai melakukan kunjungan kerja dan konferensi pers Dokter Terawan berswa foto bersama kemudian langsung menuju ke Bandara Samratulangi untuk kembali ke Jakarta.(andresiwi)

    BERITA UTAMA