NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    Maret 04, 2020

    DPRD Minta Dinkes Perhatikan Honor dan Tunjangan Petugas Kesehatan di Bunaken

    Tidak ada komentar


    Suasana saat Hearing Komisi IV dan Dinkes Manado
    Manado -

    Komisi IV DPRD Kota Manado yang membidangi Kesejahteraan Sosial, Pendidikan dan Kesehatan, menseriusi peningkatan pelayanan kesehatan di sejumlah Puskesmas terutama yang melayani masyarakat di wilayah Kepulauan Bunaken. 
    Mereka berharap, ada perhatian khusus pemerintah terkait pelayanan kesehatan di wilayah tersebut. Wakil Wakil Ketua DPRD Kota Manado, Adrey Laikun menilai daerah kepulauan memiliki urgenitas tersendiri, sehingga diperlukan kerja ekstra dalam pelayanan masyarakat. 

    Menurut Laikun, harus ada kebijakan pemberdayaan bahkan penambahan Tenaga Harian Lepas (THL) di Puskesmas yang melayani masyarakat kepulauan Bunaken.
    "Karena kepulauan paling rawan kecelakaan. Seperti orang hamil harus naik perahu. Untuk itu, saya minta kadis kesehatan berdayakan THL karena dokter PNS disana hanya tiga. Saya pun berharap tenaga medis ada orang dari Bunaken," kata Laikun. 

    Foto bersama jajaran Dinkes Manado dan Komisi IV
    Sementara, anggota Komisi IV DPRD Manado, Sonny Lela berharap, ada penambahan upah tenaga medis yang bertugas di Kepulauan. Dikatakannya, karena upah yang sama dengan Puskesmas yang beroperasi di daeratan, maka banyak tenaga dokter maupun tenaga medis lain yang selalu minta pindah karena tidak betah.

    "Honor mesti diperhatikan. Karena para dokter tidak ingin kalau gaji mereka justru sama dengan daerah di daratan, padahal tanggung jawab dan resiko lebih besar mereka. Tunjangan juga hingga kini masih kurang, karena itu mereka tidak ingin lama-lama tugas disana," tutur Lela.

    Sementara, sejumlah tenaga Puskesmas Tongkaina yang melayani warga asal Bunaken, menyampaikan jika hingga saat ini kendaraan motor dan mobil plat merah tidak mereka miliki untuk operasional. Persoalan jaringan internet juga ikut menjadi persoalan.

    Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado, dr Ivan Sumenda Marthen mengaku untuk tahun 2020 lewat APBD Induk telah dianggarkan 5 puskesmas keliling, 1 mobil jenazah, dan 10 Motor dinas. 
    "Khusus Tongkaina, dan Bunaken dapat kendaraan dinas. Untuk tenaga kesehatan kita memang sementara perlu tenaga. Namun, semua step by step. Karena saat ini sedang diprioritaskan rumah sakit dahulu. Bulan Maret RS Manado bakal di launching," kata Marthen. (andresiwi)

    BERITA UTAMA