NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    Maret 17, 2020

    Laboratorium RSUP Kandou Penuhi Standar Pemeriksaan Covid-19

    Tidak ada komentar
    Dirut bersama Ketua Komisi IX DPR RI saat kegiatan di RSUP Kandou, Senin siang
    Manado -

    Laboratorium milik RSUP Prof Kandou masuk dalam jejaring laboratorium pemeriksaan corona virus disease 2019 (Covid-19). Ketua Komisi IX DPR-RI Felly Estelita Runtuwene SE (FER) pun menyebut siap memperjuangkan hal tersebut.

    Bahkan ia memastikan akan segera mengkomunikasikannya dengan Menteri Kesehatan, karena masuk sebagai salah satu usulan dalam rapat persiapan pencegahan dan penatalaksanaan Covid-19 Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Sulawesi Utara.

    Menurut srikandi Partai Nasdem ini, laboratorium milik RSUP Prof Kandou yang dimasukan pada jejaring yang telah disahkan Kemenkes, akan memiliki banyak manfaat.

    "Laboratorium RSUP Prof Kandou dinyatakan direksi telah mampu melakukan pemeriksaan untuk Covid-19. Salah satunya, sampel milik pasien atau orang dalam pengamatan tidak lagi dikirim ke Jakarta, sehingga tidak akan menumpuk dengan sampel dari daerah lain. Manfaat lain, hal tersebut dapat mengurangi durasi pengiriman laporan hasil pemeriksaan, jadi hasilnya tak akan menunggu lama," kata Runtuwene, Senin (16/3) malam.

    Sementara itu, Direktur Utama RSUP Prof Kandou Dr dr Jimmy Panelewen SpB-KBD mengatakan laboratorium milik RSUP Prof Kandou telah memenuhi standar pemeriksaan Covid-19. Baik itu peralatan maupun SDM.

    Kalaupun diberi ijin Kemenkes sebagai jejaring laboratorium Covid-19, secara otomatis RSUP Prof Kandou akan mendapat bahan habis pakai pemeriksaan Covid-19 atau dikenal reagen primer.

    "Jika itu direstui secara otomatis akan mempercepat laporan hasil pemeriksaan spesimen pasien dalam pengawasan (PDP) maupun ODP. Selama ini kami menerima hasilnya selama 3 hari. Jika ini terealisasi tim dokter pun akan lebih cepat memutuskan langkah penanganan terhadap PDP maupun ODP," ujar Dirut.

    Diketahui spesimen dari Sulawesi Utara selalu dikirim ke laboratorium milik Litbangkes Kemenkes di Jakarta. Yang terdekat adalah Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar mencakup wilayah kerja Sulawesi Utara.(andresiwi)

    BERITA UTAMA