NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    Maret 11, 2020

    Sosialisasi Pencegahan Coronavirus di Rutan Manado

    Tidak ada komentar
    Suasana saat sosialisasi dilakukan
    Manado -

    Dinas Kesehatan Kota Manado, bekerjasama dengan Rumah Tahanan Negara Klas IIA Manado, Rabu (11/3) melaksanakan Sosialisasi Penyebaran dan Pencegahan Novel Coronavirus di Aula Rutan Manado.

    Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan dan puluhan Petugas Rutan Manado, ambil bagian untuk mengikuti sosialisasi yang dilakukan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Penyakit Dinas Kesehatan Manado, dr Joy MA Zeekeon, M.Kes.

    Didampingi Ka Rutan Manado, dr Rutan, Ester Victorina Waleleng dan Kasubsi Pelayanan Tahanan, Wahyono, dr Joy memberikan penjelasan lengkap tentang dampak dari penyebaran virus Corona dan bagaimana jurus-jurus penangkal untuk mencegah virus mematikan itu.

    Prinsipnya, sosialisasi ini, agar tidak ada ketakutan berlebihan bila sudah ada pencegahan sejak dini.

    John Mantiri, salah satu WBP menanyakan mengenai dampak yang terjadi kedepan setelah satu warga Indonesia meninggal karena virus Corona.

    Dia lantas meminta doa dari seluruh WBP agar virus yang telah menggegerkan dunia itu tidak masuk ke Manado dan Sulut.

    Sedangkan mengenai langkah pencegahan di Rutan menurut dr Ester Waleleng, karena saat ini belum ada pasien maka baru dalam tahap penjegahan.

    "’Kedepan akan dibuat skrining untuk para pengunjung, jadi untuk pengunjung yang baru bepergian ke luar negeri terutama negara yang infeksius kurang dari 14 hari belum diizinkan membesuk. Selain itu akan dilakukan tes suhu tubuh sebelum masuk ke Rutan," katanya.

    Menurut dr Ester, di Manado saat ini yang positif terkena virus Corona belum ada. ‘’Yang ada baru 2 orang dalam pengawasan,’’ ungkapnya.

    Kepala Rutan Manado, Yusep Antonius, AMd.IP, SPd, MSi saat diminta komentarnya menjelaskan pada intinya sosialisasi dan WBP paham tentang media apa saja yang bisa menjadi penyebab penularan virus Corona.

    "Kemudian bagaimana caranya agar kita bisa terhindar dari penyebaran virus tersebut dan bagaimana cara penanggulan yang baik apabila kita kelak menemukan gejala-gejala yang terindikasi mulai terpapar virus Corona,’’ ujar Antonius sambil berharap agar sosialisasi ini juga memberikan dampak agar para pegawai dan WBP paham dan tidak mempunyai rasa ketakutan berlebihan.(vsc)

    BERITA UTAMA