NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    April 17, 2020

    Ini Kriteria Penanganan Covid-19 di RSUP Kandou

    Tidak ada komentar
    dr Handry Takasenseran
    Manado -

    Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Dr RD Kandou Manado telah menetapkan kriteria penanganan Covid-19 untuk pasien apa saja yang dirawat di RSUP Prof Kandou Manado.

    "Jadi kami rawat apa pun statusnya baik dia confirm positif, PDP maupun ODP namun kami memprioritaskan akan adanya penyakit penyerta atau bawaan seperti pneumonia berat yang berpotensi terjadinya gagal nafas, itulah yang kami utamakan," ucap dr Handry Takasenseran selaku Kepala Bidang Pelayanan Medik saat ditemui di RSUP Kandou Manado, Jumat (17/4).

    Lanjut kata dr. Handry menambahkan, dalam aturan untuk pasien confirm positif, ODP atau PDP ringan dalam kondisi stabil atau tanpa gejala dianjurkan untuk isolasi di rumah, sambil mendapatkan penanganan serius dari pihak kesehatan.

    Sementara itu ia mengatakan untuk ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) masih memadai sebab adanya bantuan dari Pemerintah, pihak swasta dan berbagai organisasi namun pihaknya berharap tidak terjadi lonjakan pasien.

    "Untuk pemakaian APD setiap hari selalu ada dan banyak yang digunakan petugas kesehatan dalam merawat pasien namun setiap hari kita selalu memantau ketersediaan APD dan setiap harinya kami berupaya untuk menambah APD," tutur dr. Handry.

    Sementara itu, pasien confirm positif yang dirawat di RSUP. Prof Kandou Manado sekarang dalam kondisi baik dan stabil namun masih menunggu 2 kali test hasil hasil apabila negatif maka bisa dinyatakan sembuh.

    Sedangkan pasien PDP yang dirawat baik dengan indikasi Covid-19 atau dengan riwayat penyerta pihaknya menunggu 2 kali hasil laboratorium untuk bisa memastikan positif atau negatif.

    "Apabila negatif Covid-19 maka pasien akan dikeluarkan dari ruangan isolasi dan dirawat pada ruangan lainnya," tuturnya.(andresiwi)

    BERITA UTAMA