NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    Januari 10, 2020

    Masih Banyak Pelaku Usaha Enggan Urus Surat Izin Usaha Pariwisata

    Tidak ada komentar
    Salah satu usaha yang didapati tak punya izin
    Manado -


    Dalam rangka penanganan urusan dan penyelenggaraan kepariwisataan Kota Manado, diperlukan adanya standar, norma, pedoman, kriteria dan prosedur sebagai acuan bagi pemerintah, pelayanan kepada masyarakat dan kegiatan pembangunan.

    Pembangunan kepariwisataan Kota Manado diarahkan lebih kepada pemberdayaan daerah serta diwujudkan secara nyata dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat antara lain melalui pemberian izin usaha pariwisata.

    Adapun fungsi izin usaha pariwisata berdasarkan Keputusan Menteri Kebudayaan Dan Pariwisata Tentang Pedoman Umum Perizinan Usaha Pariwisata, adalah fungsi izin usaha pariwisata dapat dilihat dari 2 (dua) kepentingan, yaitu, bagi Dunia Usaha, sebagai dasar bukti keabsahan untuk menjalankan usaha, Profesionalisme usaha dan peningkatan pelayanan, Meningkatkan citra produk wisata,  dan Dipenuhinya ketentuan hukum yang berlaku dalam pengusahaan sehingga terwujud kepastian hukum.

    Sedangkan bagi pemerintah daerah, sebagai sarana untuk pengawasan dan pengendalian serta Pengaturan lokasi usaha (tata ruang) agar tidak melampaui daya dukung dan perubahan fungsi peruntukkannya.

    Namun pada kenyataannya, masih banyak Pelaku Usaha Pariwisata di Kota Manado seperti hotel (hotel melati khususnya), restoran dan rumah makan, jasa pariwisata (biro dan agen perjalanan atau travel), rekreasi dan hiburan termasuk kawasan wisata yang enggan mengurus Surat Izin Usaha Pariwisata.

    Demikian tegas Frederik Kaparang, Sip, pemerhati pariwisata Kota Manado. Kata dia, hal ini sangat berdampak pada usaha mewujudkan Manado sebagai Kota Pariwisata Dunia. Karena salah satu syarat untuk menjadi Kota Pariwisata Dunia adalah keabsahan usaha dari pada seluruh industri pariwisata agar lebih profesional dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan (wisatawan).

    Disamping itu, surat izin usaha pariwisata merupakan salah satu sumber pendapatan dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) guna membiayai pelaksanaan pembangunan daerah Kota Manado.
    Banyak pelaku usaha pariwisata atau industri pariwisata di Kota Manado yang sengaja tidak mau mengurus surat izin usaha pariwisata. Mereka hanya sampai pada pengurusan SITU dan Pajak saja lalu mulai beroperasi. Padahal izin operasional di bidang pariwisata juga harus dipenuhinya, yakni dengan menghubungi Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kota Manado.

    Disisi lain, Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kota Manado sangat lemah dalam melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap usaha pariwisata yang beroperasi di Kota Manado. Kendati instansi ini sangat berkompeten dalam memberikan pembinaan kepada pelaku usaha pariwisata di Kota Manado.

    Terpisah, Kadis Pariwisata Kota Manado Lenda Pelealu menyebut, pihaknya tak pernah menghambat pelaku usaha di daerah ini, hanya tentu harus mengikuti semua aturan yang telah ditetapkan pemerintah kota Manado.(andresiwi)

    BERITA UTAMA