NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    Mei 14, 2020

    P/KB GMIM Rayon Tomohon Diskusi Tantangan Pelayanan Gereja Saat Covid-19

    Tidak ada komentar
    Pnt Febry Dien
    Tomohon -

    Pandemic Covid-19 yang berlangsung sejak awal tahun 2020 di Indonesia membawa dampak yang sangat signifikan dalam kehidupan termasuk didalamnya kehidupan bermasyarakat dan ber gereja.

    Situasi yang dirasa menggangu dalam beraktivitas ini, bila tidak ditangani dengan baik akan sangat berdampak secara negatif bagi gereja dan masyarakat.

    Untuk itu, sebagai bagian dalam sebuah masyarakat, pihak gereja di Sulawesi Utara melalui Sinode GMIM mengeluarkan Surat Penggembalaan bagi seluruh warganya untuk mengikuti protokol Kesehatan yang dikeluarkan pemerintah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 ini.

    Alhasil, dampaknya secara langsung menyebabkan penundaan semua kegiatan gerejawi yang mengumpulkan banyak orang dengan skala Sinode, Rayon, Wilayah maupun Jemaat.

    Itupun secara langsung dapat dirasakan kalangan PKB Sinode GMIM, dimana semua kegiatan ditunda ke tahun 2021 walaupun ditingkat Jemaat, banyak PKB yang melakukan penyesuaian dan inovasi dalam hal Ibadah namun dapat dipastikan ‘komunikasi dan pelayan’ konvensional yang selama ini ada menjadi terhenti seketika.

    Melihat berbagai dampak yang diakibatkan Pandemi ini, PKB GMIM Rayon Tomohon merasa terpanggil untuk melakukan terobosan dengan tujuan utama menjawab tantangan pelayanan gereja di masa pandemic covid-19 ini.

    Saat menghubungi VoxSulut.Com, Ketua P/KB GMIM Rayon Tomohon Pnt. Febry H.J. Dien, S.T., M.Inf.Tech(Man) mengatakan, kegiatan ini bekerja sama dengan BPMW Kakaskasen serta PKB Rayon Tomohon.

    "Upaya yang dilakukan PKB rayon Tomohon ini sebagai bentuk terobosan dengan menjadi ‘jembatan penghubung’ lintas komunikasi di aras Sinode, Wilayah dan Jemaat melalui rangkaian kegiatan Diskusi Online," tutur Dien.

    Lanjut kata mantan aktifis Pemuda GMIM Bethesda Ranotana Manado ini, diskusi ini bentuk online video conference (Vicon) dengan metode ‘webinar’ dengan menggunakan aplikasi Zoom, karena sangat sederhana dan memungkinkan dihadiri secara bersama-sama oleh banyak peserta.

    "Pada webinar nanti judul yang diangkat adalah Tantangan Pelayanan Gereja di Masa Pandemic Covid-19 dan ini dijadwalkan berlangsung dalam 3 Seri," jelas Kasubag Umum LPMP Sulut ini.

    Untuk narasumber kegiatan ini tambah dia, terdiri dari perwakilan BPMS GMIM, BPMW, BIPRA GMIM, Praktisi dan Pakar dalam Pelayanan gereja dan Masyarakat.

    "Sementara itu untuk peserta adalah warga GMIM pada umumnya ataupun masyarakat yang ingin bersama-sama untuk lebih memahami dari topik webinar nanti," tutupnya.(andresiwi)

    Berikut jadwal webinar dan topiknya :
    Seri 1 : 15 Mei 2020, Tahapan “Sharing Pelayanan”
    Seri 2 : 22 Mei 2020, Tahapan “Kiat dan Strategi”
    Seri 3 : 29 Mei 2020, Tahapan “Rekomendasi”

    BERITA UTAMA