NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    Juni 10, 2020

    Stigma Negatif Pasien Covid 19, ini Penjelasan Kadiskes Manado

    Tidak ada komentar
    dr Ivan Sumenda Marthen
    Manado-

    Sesuai data dari Gugus Tugas Covid-19 Kota Manado, sampai hari ini Ibu Kota Provinsi Sulut masih ditetapkan sebagai zona merah penyebaran Virus Corona. Hal ini terlihat signifikan penyebaran Covid-19 dalam kurun waktu sebulan terakhir.

    Melalui Jubir (Juru Bicara) Gugus Tugas Covid-19 Manado drg Sanil Marentek saat diwawancara di Kantor Walikota Manado mengatakan, ini terjadi karena tim GTC-19 Manado gencar melakukan tracing atau pelacakan orang serta telah melakukan beberapa kali rapid test masal.

    ”Positifnya, kasus Covid 19 dengan cepat dapat terlacak sehingga terjadi peningkatan jumlah kasus, namun disisi lain justru kita dapat melakukan penanganan cepat guna menekan penyebarannya," ujar Marentek.

    Di tempat terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado, dr Ivan Sumenda Marthen
    saat diwawancarai sejumlah media di ruangan kerjanya juga menambahkan, melihat besarnya dampak sosial yang terjadi ditengah masyarakat terlebih pasca peristiwa pengambilan paksa jenazah PDP di RS Pancaran Kasih beberapa waktu lalu, ia mengajak tokoh masyarakat dan tokoh agama bersama pemerintah, melakukan sosialisasi, edukasi serta advokasi terhadap masyarakat terkait protokol penanganan Covid 19.

    "GTC-19 akan segera melakukan rapid test masal dibeberapa kelurahan terdekat kasus 469, sebagai upaya menekan penyebaran Covid 19. Kemudian sebelum dilakukan rapid masal kemudian Swab, akan diawali dengan Sosialisasi, edukasi dan advokasi agar tidak terjadi penolakan warga," pungkas Marthen

    Ditmbhkannya lagi, pihaknya akan bekerja sama dengan GTC-19 Provinsi, mengajak para tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat, bersama melakukan sosialisasi serta edukasi ke masyarakat.

    "Tim GTC-19 Manado terus berupaya mensosialisasikan percetakan penanganan Covid-19, menghindari stigma negatif di tengah masyarakat dan berharap dukungan serta kerjasama semua pihak."(riskysondakh)

    BERITA UTAMA