NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    Juni 05, 2020

    BPMS: Gereja GMIM Belum akan Dibuka

    Tidak ada komentar
    Tomohon -

    Informasi yang sempat berkembang dimana menyebutkan ibadah di gereja akan segera dilakukan, mendapat sanggahan dari Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM.

    Sekretaris BPMS Pdt. Evert Tangel, S.Th, M.PdK, Jumat (5/6) dalam keterangannya menyebut, belum akan membuka gedung gereja untuk ibadah jemaat. Ibadah-ibadah masih akan dilakukan di rumah masing-masing seperti sebelumnya.

    Hal ini disampaikan Tangel setelah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

    “Belum ada ibadah di gereja. Kita pasti akan beribadah lagi di gereja, tapi belum minggu ini, belum sekarang,” ujarnya.

    Langkah ini, kata Tangel, disebabkan izin yang diberikan untuk memulai aktivitas normal baru hanya untuk daerah-daerah kategori zona hijau untuk covid-19. “Kami terus berkomunikasi dengan pemerintah,” tambah dia.

    Ia memastikan, bila tiba waktunya aktivitas di gereja dapat dilaksanakan dengan menjalankan protokol kesehatan secara ketat, pihaknya akan mengeluarkan surat resmi terkait hal tersebut. “Nanti akan ada surat resmi dari BPMS,” tegas dia.

    Tangel pun meminta semua pihak untuk patuh pada aturan dan mengikuti semua himbauan dan anjuran pemerintah serta gereja, agar pandemi ini bisa diatasi bersama.

    “Untuk ibadah tanggal 7 Juni ini dilaksanakan seperti sebelumnya, dan akan dilayani oleh Ketua BPMJ atau yang dijadwalkan,” tutur Tangel.

    Terpisah, Ketua BPMS GMIM Pdt Dr Hein Arina, menambahkan, pihaknya memang sudah mempersiapkan semua kesiapan untuk new normal termasuk ibadah kembali di gereja, hanya saja pihaknya masih akan koordinasi bersama pemerintah yang ada untuk protokol kesehatan.

    "Meski demikian, kami harus konsultasi lagi dengan pemerintah terkait bagaimana protokol kesehatan yang akan dilakukan,” terangnya.

    Kata dia, untuk ibadah di hari Minggu nanti di gereja masih akan diisi oleh khadim bersama dengan penatua dan syamas yang ada serta petugas lainnya yang sudah disiapkan, sedangkan jemaat masih beribadah dirumah masing-masing.

    "Jemaat dan masyarakat diharapkan bersabar menunggu peraturan dan teknis kegiatan yang secara resmi pasti dikeluarkan BPMS GMIM. Kalau ada surat dari pemerintah khususnya Kementerian Agama terkait itu dan sudah berkoordinasi dengan pemerintah setempat, kami akan mengeluarkan surat resmi," papar Arina.(andresiwi)

    BERITA UTAMA