NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    Juni 28, 2020

    Tidak ada Kejelasan, Warga Sekitar Eks RM Dego-dego Tunggu Mediasi Lanjutan

    Tidak ada komentar
    Suasana mediasi yang dilakukan Komisi II DPRD antara warga sekitar dan pemilik eks RM Dego-dego

    Manado-

    Memenuhi keluhan warga sekitar eks RM Dego-dego, Ketua bersama anggota Komisi II DPRD Kota Manado melakukan RPD (Rapat Dengar Pendapat) sekaligus meninjau langsung lokasi, Jumat (26/06).

    Hearing tersebut dipimpin Ketua Komisi II Arthur Rahasia yang dihadiri pemilk eks Dego-dego, para tetangga, Kepala Dinas Penanaman Modal Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), Charles Rotinsulu, dan Camat Wenang Deasy Kalalo, Wakil Ketua Komisi II Hengky Kawalo dan Jonas Makawata.

    Letak permasalahannya eks Rumah Makan tersebut dianggap sejak 2017 tidak memiliki IMB (izin Mendirikan Bangunan) yang berlokasi di Jalan Wakeke Kecamatan Wenang Kelurahan Wenang Utara dan belum juga ada kejelasan.

    Saat diwawancara sejumlah media, Ketua Komisi II Arthur Rahasia mengatkan permasalahan pemilik eks RM Dego-dego dengan para tetangga harus segera diselesaikan sesegera mungkin, karena masalah ini sudah sangat terlalu lama bergulir.

    "Secara aturan, bangunan ini ilegal, karena belum memiliki Surat IMB. Pemilik bangunan tak bisa melanjutkan pembangunan sebelum mengantongi Surat IMB." ujar Rahasia.

    Ditambahkannya lagi, saat ini dari Komisi II mencoba untuk memediasi kedua belah pihak agar bisa bersepakat, sehingga pemilik bangunan bisa mendapakatkan surat IMB dan pembangunan bisa dilanjutkan, tanpa merugikan pihak lain.

    “Saat ini kami coba untuk memediasi kedua belah pihak. Kalau untuk perizinan nya kami serahkan ke instansi terkait,” tutupnya.

    Sementara itu di tempat yang sama saat diwawancarai Wakil Ketua Komisi II, Hengky Kawalo mengatakan, pemilik bangunan belum bisa melanjutkan pembangunan gedung sebelum mengantongi surat IMB.

    "Jangan dulu melanjutkan pembangunan, sebab belum memiliki Surat IMB. Karena ini menyalahi aturan dan bangunan ini dianggap Ilegal," pungkas Kawalo.

    Sementara itu menurut Kuasa hukum pemilik eks RM Dego-dego, Aswin Kasim mengatakan, dikarenakan belum adanya kesepakatan, maka pihaknya hanya menunggu saja.

    "Kami tinggal menunggu sikap dari yang tidak mendukung soal bangunan ini. Kalau untuk pembongkaran bangunan pemmilik tidak akan setuju." tegas kasim.

    Sementara dari pihak tetangga, yakni Yudi Sompotan (tetangga samping kiri), Elnike Mowilos (tetangga samping kanan) dan Christin Nancy Howan (belakang) dengan kompak mengatakan, menunggu sikap komisi II untuk melanjutkan mediasi.

    "Untuk saat ini, kami menunggu seperti Komisi II sampaikan yaitu mediasi saja dan tunggu pemberitahuan dari pemerintah atau anggota Dewan seperti apa nantinya kedepan," kata para tetangga.

    Dikarenakan belum adanya kata sepakat, Ketua dan Anggota Komisi II DPRD Manado berinisiatif dan memerintahkan Camat Wenang, Deasy Kalalo untuk melanjutkan mediasi dalam satu minggu ke depan.(riskysondakh)

    BERITA UTAMA