NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    Juli 01, 2020

    Instalasi Promkes Gelar Penyuluhan Stigma dan Covid-19

    Tidak ada komentar
    Suasana penyuluhan Promkes RSUP Kandou

    Manado -

    Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof. Dr. R. D. Kandou Manado melalui Intalasi Promosi Kesehatan RSUP Prof Kandou, Rabu (1/7) melakukan penyuluhan di Instalasi Rawat Jalan.

    Mengangkat tentang Stigma dan Covid-19, penyuluh Seplin Sekeoan menjelaskan Novel Coronavirus (2019-nCoV) merupakan virus baru, penyebab penyakit saluran pernafasan. Virus ini berasal dari Cina yang juga merupakan satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS.

    "Proses penularannya melalui Droplet atau cairan berasal dari batuk dan bersin, kemudian kontak fisik, menyentuh benda permukaan yang ada virusnya kemudian menyentuh mulut, hidung atau mata," ucap Sekeoan.

    Lebih lanjut, ia menyebutkan bahaya stigma negatif yang membuat seseorang merasa takut dan cemas.

    "Akibat stigma negatif tersebut membuat orang dengan gejala Covid-19 enggan melapor sehingga banyak orang hanya menyembunyikan diri karena takut dikucilkan masyarakat hingga tekanan psikologis," tutur Sekeoan.

    Ia pun mengutip ungkapan Direktur Jenderal WHO Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus yang menyebutkan "Sejujurnya, Stigma lebih berbahaya dari virus itu sendiri, Stigma adalah musuh paling berbahaya".

    Oleh sebab itu Stigma harus di lawan dan dihilangkan, kemudian ia mengajak untuk mengantisipasi Stigma dengan menyebarkan berita sesuai fakta, memberikan dukungan bagi orang yang terpapar baik pasien maupun keluarganya, memberikan penghargaan kepada petugas medis, tidak membagikan gosip dan berita bohong serta narasi bersifat kebencian.

    "Tetap selalu menggunakan protokol Kesehatan Covid-19 dengan memakai masker, sering mencuci tangan, menjaga jarak, membuka pakaian setelah selesai berpergian dan mengkonsumsi makanan bergizi," tutupnya.(andresiwi)

    BERITA UTAMA