NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    Juli 23, 2020

    Sistem Belajar Mengajar SD dan SMP di Minsel Terapkan Sistim Daring dan Luring

    Tidak ada komentar
    Fietber Raco
    Amurang -

    Ditengah situasi akibat pandemi covid-19 saat ini, mengakibatkan siswa siswi SD dan SMP yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan harus belajar lewat sistim belajar dalam jaringan (DARING) dan sistim luar jaringan (LURING), dimana dalam sistim ini mewajibkan guru untuk mengunjungi siswa siswi yang ada di rumah untuk belajar.

    Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pendidikan serta Kepemudaan Kabupaten Minahasa Selatan DR Fietber Raco SPd MPd.

    Guru melakukan proses belajar Luring
    "Mengingat liburan sekolah dimasa pandemi covid ini sudah terlampau lama maka pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pendidikan menerapkan sistim belajar siswa dengan menggunakan dalam jaringan arau DARING, tetapi karena sistim ini kurang cocok ditetapkan di Minsel karena di daerah pelosok Minsel ada yang belum tersentuh dengan jaringan internet maka hanya sekitar 20% sekolah yang menerapkan sistim ini maka lebih cocok diterapkan kegiatan Belajar Mengajar dengan sistim Luring, karena itu lebih efektif dimana guru langsung bertatap muka dengan siswa di rumah masing masing dengan memakai protokol kesehatan pakai masker cuci tangan dan jaga jarak," ujar Raco yang adalah Doktor di bidang pendidikan ini.

    Lajut dikatakan dia, nantinya siswa akan tetap datang ke sekolah dua minggu sekali untuk melaksanakan pengayaan dan itu akan dibagi shif 30% hingga 50% siswa, selain itu para guru akan menyiapkan kisi kisi untuk kemampuan dasar dan dari situ akan diambil beberapa contoh soal untuk persiapan ujian semester.

    Siswa SD Inpres Pondang senang bisa kembali menggunakan seragam sekolah
    Untuk waktu durasi pertemuan tambah Penatua Remaja yang punya keinginan untuk jadi Kepala Sekolah dan Penulis Buku ini, dilakukan sekitar 2 sampai 3 jam sekali pertemuan.

    Sementara itu, terpantau oleh media ini ada beberapa sekolah yang belajar menerapkan sistim DARING antara lain SMPN 1 Amurang juga ada sekolah yang menetapkan Sistim Luar Jaringan (LURING) seperti SD Inpres Pondang dimana para siswa siswi dengan semangat mengikuti metode belajar LURING.

    Menurut salah satu siswa SD Inpres Pondang Everly Lapod, dia sangat senang bisa kembali memakai seragam dan belajar dengan teman teman karena sudah lama tidak memakai seragam sekolah.

    "Sanang skali boleh bakudapa dengan teman-teman," ujar Everly bersama para siswa lain Aurel Suoth, Juan Lapod dan Joachim Sedua.

    Hal yang sama juga disampaikan orang tua murid Detty Sunkudon dan Elin Tambajong, mereka mengaku senang karena saat ini anak anak mereka kembali belajar dan sekolah walaupun dengan metode kunjungan langsung dari guru.(harrissedua)

    BERITA UTAMA