NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    Juli 27, 2020

    IAKN Manado Seminarkan Implementasi Kebijakan Akreditasi BAN-PT Terkini

    Tidak ada komentar

    Manado -

    Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam memenuhi standar kualitas sebagai satu-satunya lembaga Perguruan Tinggi Agama Kristen Negeri di Sulawesi Utara.

    Untuk itu dalam rangkaian Dies Natalis ke-13, IAKN Manado mengadakan Seminar Dalam Jaringan (Daring) dengan tema Implementasi Kebijakan Akreditasi BAN-PT Terkini, Senin (27/07).


    Narasumber dalam seminar berani ini adalah Sugiyono, Ph.D (Dewan Eksekutif BAN-PT) dan Prof. Dr. Sjamsi Pasandaran, M.Pd (Guru Besar Pendidikan Kewarganegaraan UNIMA, Asesor BAN-PT) sedangkan Moderator dalam Seminar Pemberani ini adalah Meily Meiny Wagiu, M.Th (Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan Fakultas Seni dan Ilmu Sosial Hubungan IAKN Manado).

    Rektor IAKN Manado, Dr. Jeane M. Tulung, S.Th., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan Seminar Daring ini masih dalam pembahasan Dies Natalis ke-13 IAKN Manado tepat pada tanggal 21 Juli 2020.


    Dijelaskannya, tujuan seminar daring ini adalah untuk memberikan informasi dan wawasan mengenai kebijakan akreditasi BAN-PT Terkini pada Perguruan Tinggi dan mendorong Perguruan Tinggi untuk menerapkan kebijakan BAN-PT dalam mempersiapkan akreditasi.

    “Terima kasih telah berkenan memenuhi undangan narasumber dalam seminar yang diselenggarakan oleh IAKN Manado,” tutup Rektor IAKN Manado.


    Sugiyono, Ph.D dalam pemenuhannya menyatakan Badan Akreditasi adalah lembaga yang didirikan oleh pemerintah, untuk itu harus menyetujui dan patuh pada peraturan pemerintah.

    Menurutnya, BAN-PT adalah agen yang berkualitas, kami bersama meminta kualitas perguruan tinggi. Dijelaskannya, tahapan akreditasi terdiri dari evaluasi data dan informasi yang terkait dengan sertifikasi perguruan tinggi atau program studi, penetapan peringkat akreditasi, pendaftaran dan evaluasi Tambahnya, Instrumen Suplemen Konversi (ISK) Peringkat Akreditasi adalah instrumen akreditasi tambahan yang digunakan untuk pengambilan keputusan akreditasi.

    "Kewajiban Perguruan Tinggi semua pihak yang akan terlibat dalam Asesmen Lapangan (AL) Daring, sesuai protokol Covid-19, persiapan pihak yang terlibat di ruang tunggu dan sesuaikan nama di zoom pada saat pergantian sesi, perlakukan sesuai validitas data dan pihak yang terlibat dalam AL berani, buat Rencana B untuk disetujui "ujar Dewan Ekskutif BAN-PT.

    Sjamsi Pasandaran, M.Pd dalam pemaparannya tentang “ Lesson LearnedPenyusunan Laporan dan Program Kinerja Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED) ”memberikan akreditasi yang tidak sama dengan mengisi borang, tetapi proses yang mana mana yang akan menghasilkan standar dalam perguruan tinggi.

    Ditegaskannya, dalam proses persiapan akreditasi diperlukan kejujuran. Karena kejujuran akan menyetujui pada hasil akreditasi dalam memenuhi standar atau kriteria. Data akreditasi harus disediakan kejujuran.

    Masukan Guru Besar Pendidikan Kewarganegaraan UNIMA, pemahaman tentang penilaian diri terlihat dari komponennya yaitu input, proses dan output. Sementara itu, Bukti Empiris yang perlu dilihat adalah Data LKPS, laporan-laporan, berita acara hasil survei, sertifikat, penghargaan dan lain sebagainya.

    Diketahui yang ikut dalam Seminar Daring selain civitas akademika IAKN Manado, peserta antusiasme juga datang dari Perguruan Tinggi lain yang ada di dalam dan di luar Sulawesi Utara.

    Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan ruang informasi yang baik dan jelas terkait pengurusan standar mutu Perguruan Tinggi, melengkapi dan membantu menjawab kebutuhan Akreditasi masing-masing Perguruan Tinggi.(andresiwi)

    BERITA UTAMA