NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    Agustus 29, 2020

    Instalasi Radioterapy Dialog Interaktif dengan Pasien Kanker

    Tidak ada komentar

    Manado -

    Kegiatan rutin yang dilakukan Instalasi Radioterapy, melakukan dialog interaktif dengan para pasien penderita kanker dan juga para surviver, Jumat, (28/8).

    Kepala Intalasi Radioteraphy RSUP Prof. Dr. R. D.Kandou Manado dr. Enrico Napitupulu, Sp.Onk, Rad, bersama tim Promosi Kesehatan yang diketuai dr. Neni Ekawardani bersama Kepala Instalasi Rawat Jalan dr. Henny Liwe, M.Kes berdialog bersama para pasien baik yang sedang menjalankan terapi maupun sudah sembuh dari kanker termasuk juga para pendamping pasien serta keluarga pasien.

    Selain berdialog, setiap pasien yang sudah sembuh selalu memberikan testimoni dan memberikan motivasi kepada pasien yang sedang dirawat.

    Diketahui, Radioterapi atau terapi radiasi dengan memanfaatkan sinar sebagai energi intensif membunuh sel kanker sekaligus berfungsi untuk merusak sel kanker dengan menghancurkan materi genetika sel yang mengontrol pertumbuhan dan pembelahan diri sel kanker.

    Radioterapi bermanfaat juga untuk membantu pengobatan hampir semua jenis kanker dan juga beberapa jenis tumor jinak.

    Kepala Intalasi Radioteraphy RSUP Prof. Kandou Manado dr. Enrico Napitupulu mengatakan 3 modalitas penanganan kanker yakni Pembedahan, Kemoterapi dan Radiasi atau Radioteraphy atau Onkologi Radioteraphy.

    "Ke-3 Modalitas ini bisa dilakukan secara terpisah atau bisa juga dilakukan secara kombinasi, misalnya Pembedahan dulu kemudian dilanjutkan dengan Radioteraphy atau Sebaliknya atau bisa juga Radioteraphy dilanjutkan dengan Kemoterapi dan semua itu sangat bergantung kepada Stadium, hasil patologi dan juga Kondisi atau keadaan umum pasien," ucap dr. Enrico Napitupulu.

    Lebih lanjut, dr. Enrico bahwa tatalaksana penanganan kanker di seluruh dunia sama saja, tergantung pada kondisi daerah setempat apakah mempunyai pelayanan Radioterapy dan juga dokternya.

    "Saat ini RSUP Prof. Kandou Manado menggunakan pesawat Cobalt 60 dan tidak lama lagi akan beroperasi juga terapi kanker dengan menggunakan pesawat Linac yang diperlengkapi dengan tehnik 3 dimensi, dimana penanganan pasien yang membutuhkan Radioterapy semakin optimal dan juga memberikan efek samping yang lebih minimal," jelasnya.(andresiwi)

    BERITA UTAMA