NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    Agustus 14, 2020

    Jumlah Mahasiswa Terus Bertambah, FIPK IAKN Makin Diminati Generasi Muda

    Tidak ada komentar

    Manado -

    Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri di Sulawesi Utara memiliki tiga Fakultas, sepuluh Program Studi (Prodi) untuk Strata Satu dan tiga Program Studi pada Pascasarjana.

    Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen (FIPK) merupakan salah satu di antaranya yang membawahi empat Prodi yakni Pendidikan Agama Kristen (PAK), Manajemen Pendidikan Kristen (MPK), Pendidikan Kristen Anak Usia Dini (PKAUD) dan Pendidikan Musik Gereja (PMG).


    Dibawah kepemimpinan Dekan FIPK, Dr. Deflita Lumi, S.PAK., M.Pd, Fakultas bahkan Prodi-prodi yang ada semakin maju dan berkembang pesat.

    Hal ini dibuktikan melalui kinerja para Dosen dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan serta langkah nyata Fakultas dan Prodi dalam mengimplementasikan Tri Darma perguruan tinggi di tengah masyarakat majemuk.


    Banyak respon positif berbagai elemen masyarakat akan kehadiran Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen. Jebolan dari Fakultas ini sekarang sudah banyak yang berkarya di dunia pendidikan baik sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun pekerja seni (pelatih musik dan pelatih paduan suara).

    Diwawancara di ruangannya, Dekan menyampaikan selain cakupannya sangat luas, sasaran utama FIPK adalah dunia pendidikan. Sudah terbukti FIPK diminati oleh banyak generasi muda, hal ini nampak dari presentasinya yang dari tahun ke tahun jumlah mahasiswa terus bertambah dan mahasiswa yang selesai banyak berkarir di dunia pemerintahan.


    Dijelaskannya, FIPK memiliki empat prodi yang punya keunggulannya masing-masing. Prodi PAK diminati oleh kaum milenial yang ingin terjun menjadi seorang Pendidik Kristen (Guru PAK) karena melihat lulusan PAK FIPK IAKN Manado yang sekarang terjun di dunia pendidikan dan mengabdi sebagai ASN di berbagai Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara bahkan Indonesia.

    FIPK juga memiliki Prodi MPK yang prospeknya nanti tidak hanya sebagai guru tapi akan menjadi calon pemimpin di dunia pendidikan (Misalnya; Kepala Sekolah dan Pengawas).

    Selain itu, FIPK memiliki Prodi PKAUD sebagai respon dari  IAKN Manado dan mem-follow up program pemerintah terkait pengembangan pembelajaran program pendidikan anak usia dini. FIPK juga memiliki Prodi PMG dengan elektabilitas dan eksistensi yang tinggi dalam keterlibatannya di setiap event swasta dan pemerintahan yang bertaraf Lokal, Nasional sampai Internasional.

    Ditambahkannya, FIPK membangun kerjasama dengan berbagai pihak untuk memperkuat dan mempertahankan kuantitas dan kualitas dari dalam maupun luar Negeri yakni Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota serta perusahaan swasta yang bergerak di dunia pendidikan.

    Selain itu, Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di FIPK memiliki mutu pendidikan yang jelas, berprestasi dan profesional. “Kami memiliki Dosen-Dosen yang berkualitas dan profesional. Kami juga menggenjot para Dosen untuk meningkatkan kompetensi dan mengoptimalkan diri melalui penulisan karya ilmiah.

    "Beberapa Dosen kami juga sementara melanjutkan studi Doktoral," ujar Dr. Deflita Lumi, S.PAK., M.Pd.

    Dekan FIPK IAKN Manado menaruh harapan besar kepada generasi muda Kristen Sulawesi Utara untuk dapat bergabung dan mengasah potensi dirinya di era digital saat ini.

    Berharap juga ketika selesai berkuliah di FIPK dapat menjadi cendekiawan Kristen yang mampu memimpin, kritis, idealis dan berbasis Pendidikan Kristen  saat mengimplementasikan ilmunya nanti di tengah perkembangan zaman serta mampu mengembangkan berbagai kecerdasan yang dimiliki dalam kehidupan bermasyakat melalui pembelajaran terstruktur bahkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).(mbciakn/andresiwi)

    BERITA UTAMA