NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    Agustus 18, 2020

    Kombes Pusung, Didoakan Pendeta GMIM Sebelum Upacara HUT RI, Teriakan Semangat I Yayat U Santi

    Tidak ada komentar
    Didoakan Pdt Tiwa sebelum bertugas
    Manado -

    Kombes Pol Christ Reinhard Pusung, S.I.K. (Kasatgaswil Densus 88 AT Polri), Selasa 17 Agustus menjadi pembicaraan sekaligus perhatian banyak warga di negara ini. Pasalnya, mantan Kapolres Minahasa ini ditunjuk menjadi Komandan Upacara penurunan bendera tepat di HUT RI ke 75 di Istana Negara.

    Sebagai orang percaya pada Tuhan Yesus, Pusung pun sempat meminta didoakan Pendeta Fransis Tiwa, MTh, pendeta GMIM yang bertugas di jemaat Bethesda Ranotana Manado, via layanan video call sebelum melaksanakan tugas.


    "Saya pribadi sudah siap. Tanpa mendahului kehendak Tuhan, saya yakin mungkin mendapat kesempatan untuk bertugas di hari H," kata Pusung, sehari sebelum pelaksanaan upacara.

    Pria lulusan Akpol 1997 itu menyebut, menjadi komandan upacara pagi lebih prestisius dibandingkan komandan upacara sore. Sebab, pagi hari bertepatan dengan detik-detik Proklamasi Indonesia..

    Tahun ini, Pusung terpilih setelah menyisihkan tiga kandidat lainnya berasal dari TNI, yakni Kolonel Inf Muhammad Imam Gogor (Asops Paspampres), Kolonel Laut (P) Yudi Kuncoro (Kadis Nautika Pushidrosal), dan Kolonel Kal Eri Ahmad Harahap (Paban II/Duklog Slog Kogabwilhan I).

    "Kita kan tinggal berempat, tentu sudah yang terbaik, lah, dari semua pilihan yang ada," kata Pusung.

    Proses panjang telah dilewatinya untuk bisa menjadi komandan upacara di Istana Negara. Seleksi tahap pertama berlangsung di satuan kerjanya, Dentasemen Khusus 88 Anti Teror Polri.

    Ia lulus seleksi pertama dan dikirim ke Markas Besar Polri untuk mengikuti seleksi lanjutan. Ternyata, ia kembali unggul dibandingkan personel Polri dari satuan kerja lainnya.

    Lantas, Pusung mengikuti seleksi tahap akhir di Garnisun Tetap I/Jakarta. Pusung pun lulus dan ditetapkan sebagai salah satu dari empat kandidat terakhir. Keempatnya lalu menjalani pelatihan intensif di Cibubur, Jakarta Timur, selama dua pekan terakhir.

    Pusung mengatakan, selama proses seleksi, ujian yang dihadapi tak hanya fisik, tapi juga mental. Ujian mental paling kuat dirasakannya pada saat tampil di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.

    "Memang terasa beda rasanya tampil di depan Pak Jokowi langsung. Semua kesiapan akan dilihat, baik dari segi teknis maupun mental," imbuh pria kelahiran Manado pada 21 Desember 1975 silam itu.

    Menariknya sebelum pelaksanaan upacara, dalam keterangan unggahannya ia menulis rasa syukur diberikan kesempatan untuk memimpin upacara 17 Agustus 2020 di Istana Negara.

    Berikut unggahannya di Instagram @christpusung97:

    23 Tahun lalu berdiri di sini saat Pelantikan Perwira Polri / lulus Akademi Kepolisian.

    Hari ini bisa ada di sini merupakan berkat kesempatan yang luar biasa dari Tuhan

    Latihan di Istana Negara, 13 Agustus 2020

    Selain unggahan ini, tampak pulang Pusung mengunggah sesi latihan lainnya.

    Ia pun menulis caption bahasa daerah Minahasa, sebagai kalimat untuk mengobarkan semangat.

    I YAYAT U SANTI !!!

    ANGKATLAH PEDANGMU

    Unggahan Pusung ini mendapat perhatian warganet yang mengaku bangga atas prestasi putra asli Sulawesi Utara ini.

    Pada tahun 1992, ia menjadi anggota Paskibraka Provinsi Sulawesi Utara. Sebelumnya menjabat Kasatgas Densus 88 Aceh, Pusung menjadi Kapolres Toli-toli, Sulawesi Tengah.

    Lalu kemudian bertugas di tanah kelahirannya, Polres Minahasa, Sulawesi Utara. Pusung juga telah mengikuti workshop internasional mengenai terorisme.

    Ia ikut dalam Counter Terrorism Workshop di FBI Academy, Quantico, Amerika Serikat 2012. Juga Counter Terrorism Training di Rusia 2013 Course di Inernational Law Enforcement Academy, Thailand 2014

    Pusung merupakan Anak Sulung Mantan Lurah Dendengan Dalam Kota Manado. Ibunya adalah Martje Pangau dan memiliki dua adik laki-laki yakni Allan Pusung dan Piet Heing Pusung.(tm/rpk/andresiwi)









    BERITA UTAMA