NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    Agustus 08, 2020

    Malonda Jelaskan Penyelesaian Sengketa dan Pelanggaran Administrasi Pemilihan di Rakor KPU Sulut

    Tidak ada komentar

    Malonda membawa materi di Rakor KPU Sulut
    Manado -

    Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Dr Herwyn Malonda, SH, M.Pd, tampil sebagai narasumber dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Pelanggaran Administrasi Pemilihan Serentak Tahun 2020, di Hotel Mercure Tateli Beach, Minahasa.

    Dalam materinya Herwyn Malonda menyampaikan terkait Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Perbawaslu) soal Penyelesaian Sengketa dan Pelanggaran Administrasi Pemilihan.

    Herwyn Malonda yang juga mantan Sekretaris P/KB GMIM, menjelaskan tentang substansi Perbawaslu mengenai penanganan sengketa dan pelanggaran administrasi.

    "Penanganan pelanggaran administrasi Pilkada berbeda dengan Pemilu jika dalam Pemilu kita melakukan mekanisme ajudikasi, maka dalam Pilkada tidak demikian," ucap Malonda

    Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi dan Kabupaten/Kota serta Panwascam dan PKD hanya menerima laporan, mengkaji dan mengeluarkan rekomendasi pelanggaran administrasi kepada KPU dan jajarannya sesuai jenjang, untuk kemudian ditangani lebih lanjut.

    "Untuk pemberian sanksi administrasi oleh jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi atau Kabupaten dan Kota, " jelas Malonda.

    Sementara itu Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Kenly Meyoy Poluan, S.Pd, M.Si dalam materinya mengupas tuntas hasil pengawasan pada sub tahapan coklit data pemilih.(andresiwi)

    BERITA UTAMA