NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    Agustus 04, 2020

    Masuk Peringkat Universitas Dunia, IAKN Manado Makin Dikenal

    Tidak ada komentar


    Manado -

    Meski terbilang muda dibandingkan universitas lain yang lebih dulu hadir, namun kiprah IAKN Manado mulai diperhitungkan khayalak luar. Terbukti, di usia ke 13 universitas yang dipimpin Dr Jeane Tulung, STh, MPd, ini mampu masuk peringkat universitas di dunia.

    Adalah Webometrics, yang beberapa tahun belakangan ini ramai dibicarakan dikalangan akademisi. Webometrics adalah sebuah pemeringkatan web universitas di dunia. Kehadirannya di beberapa kalangan di Indonesia banyak disalahartikan sebagai peringkat universitas di dunia. 

    The “Webometrics Ranking of World Universities” adalah sebuah inisiatif dari Cybermetrics Lab, sebuah kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol. Cybermetrics Lab sendiri dikhususkan untuk melakukan analisis kuantitatif Internet dan Web Content, khusus yang berkaitan dengan proses generasi dan komunikasi ilmiah dari pengetahuan ilmiah. 

    Motivasi dasar Cybermetrics Lab adalah mendorong penggunaan website sebagai media promosi institusi pendidikan tinggi guna mencerminkan secara keseluruhan tentang institusi pendidikan tinggi itu sendiri.

    Lembaga pemeringkatan internasional asal Spanyol ini telah merilis peringkat website universitas terbaik di seluruh dunia. Termasuk Indonesia bahkan Sulawesi Utara (Sulut), pada pertengahan 2020 ini Webometrics mengumumkan kampus-kampus mana saja yang masuk dalam pemeringkatan website terbaik.

    Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri (PTKKN) di Sulawesi Utara masuk dalam pemeringkatan Webometrics Ranking of World Universities edisi Juli 2020 dan mendapat peringkat 3.084 se-Asia Tenggara dan peringkat 28.099 di dunia.

    Dalam pemeringkatan ini, Webometrics menilai ada empat parameter yakni: Presence, Impact, Openness dan Excellence. Pemeringkatan ini menilai tidak kurang dari 30.000 perguruan tinggi se-dunia.

    "Pestasi ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri dan menjadi penyemangat bagi civitas akademika IAKN Manado untuk semakin giat dalam berkarya di era digital saat ini," tegas Rektor IAKN Manado.(andresiwi)

    BERITA UTAMA