NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    Agustus 12, 2020

    Panwascam dan PKD tak Dilibatkan di Pemutahiran Data Pemilih, Ini Kata Keintjem

    Tidak ada komentar
    Aktivitas di kantor Bawaslu Minsel

    Amurang -

    Ketua Bawaslu Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Eva Keintjem mengaku kecewa, ketika mengetahui Panwascam dan Panitia Pengawas Desa Kelurahan (PKD) tidak dilibatkan dalam kegiatan pemutahiran data pemilih.
    "Saya mendengar informasi dari teman-teman panwascam dan PKD, bahwa mereka tak diperkenankan duduk bersama dengan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) dan panitia pemungutan suara (PPS) dalam kerja pemutahiran data mereka," ujar dia belum lama ini.

    Dia mempertanyakan mengapa petugasnya (Panwascam dan PKD) tak mendapat akses dalam pengawasan kerja pemutahiran data pemilih. Padahal dalam undang-undang sudah diamanatkan secara tegas bahwa secara kelembagaan bawaslu berhak mengawasi setiap tahapan pemilu.

    "Ini terus terang sangat menghambat kinerja kami. Kami tidak dapat menjalankan fungsi pengawasan," kata dia. Eva Keintjem menambahkan bahwa data pemilih itu sangatlah penting lamtaran sampai kepada pelaksanaan pungut hitung (pemungutan suara).
    "Tugas kami bagaimana mengawasi supaya tak ada kecurangan dalam proses pemilu. Kecurangan data pemilih seperti pemilih yang belum cukup umur, ganda dan sudah meninggal dunia," pungkas dia.(vsc/advedtorial)


    BERITA UTAMA