NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    September 22, 2020

    Kaloh Minta Pilkada tak Perlu Ditunda

    Tidak ada komentar

    Fabian Kaloh

    Manado -

    Rencana pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Indonesia khususnya Provinsi Sulawesi Utara tanggal 9 Desember 2020, tuai pro dan kontra akibat Corona Virus Desease 2019 disingkat Covid-19. 

    Pasalnya, tahapan sudah sementara berjalan sampai saat ini daftar pemilih sementara (DPS) telah diumumkan tapi keadaan darurat non bencana akibat Covid-19 masih saja merajalela di Indonesia. 

    Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah kasus positif di Indonesia, Manado kembali masuk zona merah dan bahkan ketua KPU RI Arif Budiman dinyatakan terjangkit atau positif Covid-19 setelah sebelumnya anggota KPU RI Evi Ginting dinyatakan positif tertular. 

    Tak main-main, banyak argumen dari pengamat dam masyarakat menyarankan agar pilkada ditunda pelaksanaannya sampai keadaan kembali normal.

    Anggota DPRD Sulut komisi I Fabian Kaloh pun angkat bicara terkait hal ini. Menurutnya bahwa tahapan pilkada sampai proses pemungutan suara nantinya diharapkan tetap berjalan tanpa ada penundaan lagi.

    Dirinya beranggapan jika Pilkada ditunda, nantinya akan tambah-tambah urusan lagi, baik bagi penyelenggara maupun bagi peserta dan masyarakat. Pun dirinya beranggapan PKPU 10 tahun 2020 revisi dari PKPU 6 tahun 2020 telah sesuai dengan protap dan jika ditaati aturannya terasa Covid-19 tak akan menjadi penghalang dan proses pemungutan suara bisa aman dan nyaman.

    "Kapasitas sebagai anggota DPRD saya mendorong pilkada tetap dilanjutkan. PKPU 10 tahun 2020 saya rasa sudah sangat bagus. Disitu jelas dijelaskan pilkada dengan menggunakan protap kesehatan penanggulangan Covid-19," jelasnya. 

    Dia mempertegas jikalau ada peserta Pilkada atau bakal calon tidak mengindahkan protap Covid-19, dirinya mendesak KPU juga Bawaslu untuk menindak tegas dengan memberikan sangsi bagi yang melanggar.

    "Kalo perlu kase sangsi para bakal calon yang melanggar protap. Jangan ditunda-lah, jangan ditunda," tutup Kaloh.

    Diketahui sampai saat ini tahapan pilkada masih tetap berjalan, tahapan-tahapan pilkada dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang dikeluarkan atau disarankan oleh satgas Covid. (FalenJaksen)

    BERITA UTAMA