NEWS :
http://voxsulut.com

TERBARU

    September 11, 2020

    Lagi, RSUP Kandou Terima Bantuan dari Kemenkes RI

    Tidak ada komentar
    Dr Ivonne saat memantau alat bantuan dari Kemenkes RI

    Manado -

    Usai menerima satu unit alat bernama TERUMO SPECTRA OPTIA APERESIS, dari Kementerian Kesehatan RI, RSUP Prof Dr RD Kandou Manado kembali mendapat kepercayaan dengan memperoleh dua alat kesehatan berupa CT Scan 16 Slince merk Siemens dan Cryostar merk Themo Scientifik.

    Direktur SDM Pendidikan dan Umum Dr dr Ivonne E Rotty, MKes, Rabu (9/9) saat melihat lokasi penempatan alat tersebut menjelaskan, CT Scan 16 Slince merk Siemens Somatom merupakan alat pencitraan medis yang menggambarkan bagian – bagian tubuh dengan menggunakan sinar X.

    "RSUP Prof Dr RD Kandou memiliki tiga unit alat CT Scan yang berbeda, di instalasi Radiologi Sentral sebanyak dua unit untuk tipe 128 slice sedangkan yang terbaru adalah 16 slice yang berada di Instalasi Gawat Darurat. Dengan adanya alat ini akan mempermudah dan mempercepat penanganan pasien di IGD," jelas Rotty.

    Kemudian alat kedua Cryostar merk Themo Scientifik yang diletakan di laboratorium Patologi Anatomi. Alat ini kata dia, untuk memotong jaringan pada tubuh manusia dengan cara dibekukan dan dipotong tipis dengan ketebalan beberapa mikrometer.

    "Keuntungan menggunakan alat ini adalah proses pemeriksaan yang cepat untuk mengetahui jinak atau ganasnya suatu jaringan tumor durante operasi sehingga operator (dokter bedah) dapat menentukan jenis operasi selanjutnya," paparnya.

    Dengan adanya alat-alat ini, lanjut Dr Ivonne, RSUP Prof Dr RD Kandou mengucapkan terimakasih kepada pemerintah dalam hal ini Presiden RI Ir H Joko Widodo dan Menteri Kesehatan Letjen TNI (Purn) Dr.dr. Terawan Agus Putranto So Rad (K) RI. (andresiwi)

    BERITA UTAMA