NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    September 14, 2020

    Tindakah Donor Aperesis Hadir di RSUP Kandou Manado

    Tidak ada komentar

    Direksi RSUP Kandou meninjau peralatan bantuan Kemenkes RI

    Manado – 

    Untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di RSUP Prof Dr RD Kandou Manado, manajemen terus melakukan terobosan dalam memenuhi kebutuhan pelayanan bagi masyarakat yang ada di  Sulawesi Utara, dengan menghadirkan beberapa peralatan kesehatan yang sangat membantu pelayanan yang ada di RSUP Kandou khususnya di Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS). 

    Terbaru dan yang pertama di Sulawesi Utara adalah alat kesehatan bernama TERUMO SPECTRA OPTIA APERESIS yang merupakan teknologi terbaru dari Cobe Spectra dengan teknologi paling muthakir. 

    Dijelaskan  Kepala UTDRS Kandou dr. Neila Mandey, Sp.PK saat dilakukan pemantauan oleh Direktur Utama Dr. dr. Jimmy Panelewen, Sp.B-KBD didampingi oleh Direktur SDM, Pendidikan dan Umum Dr.dr. Ivonne Elisabeth Rotty, M.Kes, Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang dr. Jehezkiel Panjaitan serta pejabat terkait Senin, 14 September 2020, fungsi dari Donor Aperesis adalah Pengambilan komponen darah tertentu sesuai yang dibutuhkan saja oleh pasien dengan menggunakan alat/mesin khusus, dimana komponen yang tidak dibutuhkan itu tidak diambil dan dikembalikan lagi ke tubuh pendonor, dan hasil donor ini lebih banyak digunakan bagi pasien Leukimia, Pasien dengan gangguan sistem pembekuan darah, Pasien Kelainan Darah, dan Pasien DBD Dengue jelas dr. Nela.

    Selain itu juga penambahan peralatan CT Scan 16 Slince dari Siemens Somatom, dihadirkan di Instalasi Gawat darurat (IGD) yang tentunya untuk mempermudah dan mempercepat penanganan pasien di IGD termasuk juga Alat Cryostar merk Themo Scientifik yang ada di laboratorium Patologi Anatomi yang berfungsi untuk memotong jaringan pada tubuh manusia dengan cara di bekukan dan di potong tipis dengan ketebalan beberapa mikrometer. 

    Keuntungan menggunakan alat ini adalah proses pemeriksaan yang cepat untuk mengetahui jinak atau ganasnya suatu jaringan tumor durante operasi sehingga operator (dokter bedah) dapat menentukan jenis operasi selanjutnya.

    Dirut Panelewen menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Presiden RI Ir H Joko Widodo dan Menteri kesehatan Letjen TNI (Purn) Dr.dr. Terawan Agus Putranto Sp.Rad (K) RI yang sudah menghadirkan alat TERUMO SPECTRA OPTIA APERESIS di RSUP Kandou Manado dan satu satunya di Sulawesi Utara sembari memotivasi semua petugas kesehatan di UTDRS.(andresiwi)

    BERITA UTAMA