NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    November 03, 2020

    Kajati Hadiri Simulasi Pemungutan Suara KPU Sulut

    Tidak ada komentar


    Manado -

    Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Utara (Sulut) Andi Muh. Iqbal Arief, SH, MH, Senin (2/11) menghadiri simulasi pemungutan dan perhitungan suara di TPS, di Benteng Moraya Tondano, Kabupaten Minahasa.

    Simulasi ini dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara (Sulut) sebagai pengendalian Covid-19 dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Tahun 2020,

    Kajati Sulut Andi Muh. Iqbal Arief, mengatakan Pilkada serentak 9 Desember senantiasa memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

    "Kepada seluruh petugas PPS di TPS nantinya dapat memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 pada hari H sehingga tidak terjadi cluster baru penyebaran Covid 19," ucap Kajati.

    Lebih lanjut, ia pun berharap agar setiap stakeholder dapat mensosialisasikan pemungutan suara dalam masa pandemic Covid-19.

    "Perlu dilakukan sosialisasi kepada pemilih tentang mekanisme pemungutan dan penghitungan suara dengan penerapan protokol kesehatan, bisa dalam bentuk brosur atau vidio singkat yang dapat di upload ke berbagai media," ucapnya.

    Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulut Dr. Ardiles Mewoh, SIP, M.Si mengungkapkan simulasi akan dilakukan di 15 kabupaten/kota.

    "Harapannya simulasi ini akan memberikan informasi buat masyarakat luas terkait mekanisme ketika datang ke TPS, sebab pemilihan kali ini dilaksanakan di masa pandemic. Sehingga ada ketentuan yang harus dipatuhi," ucap Mewoh.

    Ia pun menambahkan sluruh petugas dan peralatan sudah berdasarkan protap Covid-19.

    "Mulai petugas dan peralatan lainnya itu sudah sesuai prosedur Covid-19, oleh karena itu pemilih tak perlu khawatir," tambah Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh.

    Turut hadir Plh. Ketua KPU RI Ilham Saputra, Anggota DKPP RI Alfitra Salamm, Pjs. Gubernur Sulut Dr. Drs. Agus Fatoni, Kapolda Sulut Pol. R.Z. Panca Putra Simanjuntak, Ketua Bawaslu Sulut Dr. Herwyn J. Malonda, Komisioner KPU Sulut, Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, dan Ketua KPU Kabupaten Minahasa Lord A.Ch.E. Malonda.(andresiwi)

    BERITA UTAMA