NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    November 20, 2020

    KPU Sulut Gelar Workshop Rancangan Panduan Pengelolaan dan Distribusi Logistik Pemilu

    Tidak ada komentar

    Manado -

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (19/11) melaksanakan Workshop dengan Stakeholder Dalam Rangka Penyusunan Rancangan Keputusan Panduan Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Tahun 2020, yang dilaksanakan 19-21 November 2020, di Mercure Hotels, Minahasa, Sulut.

    Kegiatan workshop dibuka langsung ketua KPU Provinsi Sulawesi Utara Dr. Ardiles R. M. Mewoh, SIP, M.Si, didampingi Komisioner KPU Sulut Divisi Hukum dan Pengawasan Meidy Yafeth Tinangon, S.Si, M.Si, Komisioner KPU Sulut Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM Salman Saelangi, S.Kel dan Bagian Hukum KPU Sulut Febry Langkung.

    Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh dalam sambutannya mengungkapkan, pentingnya persiapan dalam pendistribusian logistik KPU Sulut.

    "Pilkada tahun ini dalam masa pandemic Covid-19 KPU Sulut melaksanakan seluruh kegiatan berdasarkan dan mengikuti perundang-undangan," ucap Mewoh.

    Lanjut, Ardiles Mewoh mengatakan beberapa kendala dan tantangan penyelenggara di masa pandemic.

    "Pada masa pandemic seperti ini ada kendala yang berbeda dari Pilkada sebelumnya lalu, karena adanya wabah pandemic yang mengakibatkan waktu harus tersita kemudian petugas penyelenggara harus kami siapkan berdasarkan protokol kesehatan Covid-19," jelasnya.

    Lebih lanjut, Ia pun berharap keterlibatan seluruh stakeholder dalam rangka penyusunan rancangan keputusan panduan pengelolaan dan distribusi logistik.

    "Keterlibatan semua stakeholder akan mewujudkan harapan kita semua agar pilkada serentak berjalan dengan sukses, jadi mari kita diskusikan bersama dalam menyusun rancangan pengelolaan dan pendistribusian logistik," tutur Ardiles Mewoh.

    Untuk target pendistribusian logistik, sebut Ardiles Mewoh bahwa H-1 semua logistik sudah berada di setiap TPS.

    "Itu target kami 1 hari sebelum pemungutan suara, untuk tindak lanjutnya kami akan lakukan koordinasi bersama seluruh stakeholder baik Bawaslu dan pihak pengamanan TNI/Polri agar seluruh dapat berjalan dengan baik dan semua dapat tercapai, kami berusaha dan berupaya agar supaya semua di maksimalkan agar tidak ada penundaan dalam pemilihan kepala daerah serentak se-Indonesia," tambahnya.

    Lebih lanjut terkait pemilihan serentak dalam masa pandemic Covid-19, KPU Sulut siapkan alat perlengkapan TPS dan juga APD untuk petugas.

    "Jadi selain logistik yang kita siapkan, alat pelindung diri (APD) wajib disiapkan, itu sudah kewajiban ketersediaan APD dari masker, hand sanitizer, sarung tangan, hazmat, tempat cucian, thermogun dan beberapa item lainnya dalam menunjang penerapan protokol kesehatan Covid-19 saat pemungutan suara dan KPU juga tetap menjaga sterilisasi semua logistik mulai dari di distribusikan hingga kembali ke KPU untuk tetap steril," tutup Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh.

    Kegiatan Workshop diikuti, Tim pengamanan Wadir PAM OVIT Polda Sulut AKBP F. J. Ginting, Akademisi, LSM dan Media massa.(andresiwi)

    BERITA UTAMA