NEWS :
http://voxsulut.com

 


 


TERBARU

    Oktober 16, 2020

    IAKN Manado Gelar Penguatan Integritas Kepemimpinan di Era New Normal

    Tidak ada komentar

    Manado -

    Program Studi Manajemen Pendidikan Kristen Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen menggelar webinar dengan mengambil tema “Penguatan Integritas Kepemimpinan di Era New Normal” pada Jumat (16/10).

    Acara dibuka dalam doa oleh Marsel Tumbelaka, S.Th., M.Pd (Sekretaris Prodi MPK) dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Dr. Deflita Lumi, S.PAK., M.Pd (Dekan FIPK).

    Dalam sambutannya, Dekan menyampaikan apresiasi, rasa bangga dan salut atas kehadiran narasumber yang sudah memberi diri dalam rangka meningkatkakn Sumber Daya Manusia (SDM) di IAKN Manado. Pelaksanaan Webinar ini sangat menarik dan sangat penting bagi para mahasiswa karena berkaitan langsung dengan kepemimpinan yang nantinya akan berdampak bagi aktivitas mahasiswa setelah menyelesaikan studi atau saat berada dalam dunia kerja.

    Ditambahkannya, pandemi covid-19 begitu berdampak bagi berbagai sektor termasuk sektor pendidikan. Namun, perlu disadari bahwa keberadaan ini akan terus menghambat aktivitas dunia pendidikan ketika tidak ada langkah konkrit kepemimpinan yang berintegritas dalam mengatasinya.

    Untuk itu, perlu adanya penguatan dalam mengambil langkah konkrit yang tepat di era normal baru sehingga ketika dipercayakan menjadi seorang pemimpin dapat menampilkan gaya dan pola kepemimpinan yang berintegritas serta berkualitas.

    Dr. Fransiscus E. Manumpil (Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Daerah Provinsi Sulawesi Utara) dalam pemaparannya menyampaikan beberapa indikator penting tentang penguatan integritas kepemimpinan di era new normal, diantaranya Visi dan Misi Indonesia Maju 2020-2024, Distruption Era, Kompetensi SDM Industri 4.0, peran teknologi dalam pemerintahan, standar kompetensi manajerial, definisi tiga kecerdasan literasi, kepemimpinan negarawan, pemimpin nasional dan modal sosial, tiga pilar utama penyangga efektifitas kepemimpinan, integritas pemimpin nasional, integritas seorang pemimpin, keteladanan dan postur kepemimpinan nasional berintegritas yang visioner berkarakter negarawan.

    Diakhir materinya, Kadis PMPTSP ini menyampaikan bahwa pemimpin harus bisa merespon dengan cepat terhadap segala perubahan yang terjadi, pemimpin sebagai agent of change, pemimpin harus mampu menjadi contoh (Role Model) sehingga dapat memberi pengaruh kepada orang disekitarnya untuk berubah dari budaya dan cara kerja yang lama (tradisional) ke arah yang lebih modern.

    Webinar ini disiarkan langsung melalui Youtube Channel Media and Broadcasting Center IAKN Manado dan dihadiri oleh ratusan orang yang terdiri dari masyarakat umum dan internal kampus seperti para Dosen, Tenaga Kependidikan, mahasiswa MPK dan mahasiswa dari Prodi lainnya di IAKN Manado.(mbciakn/andresiwi)

    BERITA UTAMA