Rukun Kayuuwi di Manado Sumbang 12 Kantong Darah ke UPT RSUP Kandou

oleh -250 views

Tim dokter lakukan pemeriksaan

Manado –

Kerukunan warga Kayuuwi di Manado melalui Panitia Paskah, Sabtu (20/3) pagi menggelar kegiatan donor darah serta pemeriksaan kesehatan gratis di aula GMIM Bethesda Ranotana Manado.

Hasilnya, 12 kantong darah berhasil dikumpulkan dan diserahkan langsung ke Unit Transfusi Darah (UTD) RSUP Prof RD Kandou Manado.

Beberapa warga saat mendonorkan darah

Sebelum kegiatan dimulai dilakukan ibadah perdana Rukun Kayuuwi dipimpin Pnt Ricky Lintang, selaku penasehat rukun. “Tuhan telah rela mengorbankan dirinya mati menebus dosa manusia, kita pun demikian harus berani memberikan pemberian diri kita untuk sesama, salah satunya bisa dengan cara seperti ini mendonorkan darah kita bagi sesama yang memerlukan,” ujarnya.

Kepala UTD RSUP Kandou dr Stephen Lapian, sebelum kegiatan menjelaskan sedikit mengapa pentingnya melakukan donor darah.

Panitia memantau kegiatan donor darah

“Kenapa manusia harus mendonorkan darah? karena memang saat ini banyak yang membutuhkan darah. Kebutuhan darah per hari saat ini ialah 50-60 kantong, kami di UTD RSUP Kandou di masa pandemi ini memang sulit memenuhinya, kami saat ini defisit karena seminggu dibutuhkan 50 kantong, namun yang ada stok seminggu didapat hanya 30 kantong,” ujarnya.

Selain baik untuk melancarkan peredaran darah, ia juga menyebut donor darah baik untuk mencegah kanker dan serangan jantung. “Lebih baik memberi darah daripada menerima darah,” papar putera Kayuuwi ini sembari menyampaikan apresiasi buat Rukun Kayuuwi di Manado sebagai organisasi rukun pertama yang melakukan kegiatan donor darah.

Penasehat Rukun saat memimpin ibadah

Ketua Panitia Steven Rondonuwu, saat menyampaikan sambutan mengatakan kegiatan ini melibatkan warga Kayuuwi di Manado, meski memang saat ini satu yang menjadi kendala ialah banyaknya masyarakat sudah menerima vaksin covid dan itu salah satu syarat yang tak bisa dilakukan untuk donor darah.

Ia pun berharap aksi kemanusiaan ini bisa dilakukan rukun rukun keluarga lainnya yang ada di daerah ini, karena kebutuhan darah tak akan pernah terpenuhi jika tidak ada yang mau mendonor.

Musik Kolintang iringi kegiatan

Sementara itu Ketua Rukun Kayuuwi di Manado Alwin Rondonuwu, menyampaikan terima kasih buat panitia pelaksana yang telah menggagas kegiatan ini, serta pihak UTD RSUP Kandou juga para pendonor yang telah rela memberikan darahnya untuk kemanusiaan.

Sekretaris Panitia Joy Elly Tulung didampingi Oktavian Rondonuwu selaku Bendahara, mengingatkan kegiatan selanjutnya ialah ibadah Paskah bersama Sabtu 10 April yang akan dilaksanakan di rumah penasehat rukun Bartje Assa di desa Koka Kecamatan Pineleng. “Mohon kehadiran semua anggota rukun dalam ibadah ini,” harap keduanya.

Ketua Rukun menyampaikan doa penutup

Menariknya sebuah pemandangan lain terlihat saat kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan berlangsung, kelompok musik kolintang yang dimainkan para lansia Kayuuwi mengiringi dengan nyanyian lagu lagu Minahasa serta lagu rohani, hingga membuat suasana terasa syahdu dan tenang.(andresiwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *