DPRD Sulut Gelar Paripurna, Gubernur Sampaikan Terima Kasih Terus Kawal Visi Misi Pembangunan Sulut

oleh -322 views

Manado –

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) gelar rapat paripurna dalam rangka Penutupan Masa Persidangan Pertama Tahun 2021 dan Penyampaian Laporan Kinerja Alat Kelengkapan DPRD sekaligus Pembukaan Masa Persidangan Kedua Tahun 2021 dan Penyampaian Laporan Pelaksanaan Reses Pertama Tahun 2021.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara, Senin (19/4).

Mencermati kondisi wabah Covid-19 maka mekanisme rapat paripurna dilaksanakan dengan memadukan kehadiran secara fisik dan virtual dengan tetap menetapkan protokol kesehatan guna menekan penyebaran covid-19.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dr. Fransiscus Andi Silangen (Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan- PDIP) memimpin rapat paripurna tersebut didampingi wakil ketua Johanis Viktor Mailangkay (Fraksi Partai Nasional Demokrat – Nasdem) dan Billy Lombok (Fraksi Partai Demokrat).

Dalam kesempatan itu, Silangen menyampaikan ucapan syukur ke hadirat Tuhan yang maha kuasa atas rahmat dan anugerahnya masih diberikan nafas kehidupan dan kesehatan di tengah tengah situasi pandemi Covid 19 yang sampai dengan saat ini masih melanda seluruh dunia, melanda bangsa dan negara kita, termasuk daerah Provinsi Sulawesi Utara.

“Secara pribadi saya menyampaikan salut kepada rekan-rekan pimpinan dan anggota DPRD yang tetap menunjukan performa yang maksimal dalam menjalan tugas-tugas kedewanan selama masa persidangan pertama antara lain, dalam menyerap aspirasi masyarakat, mengawal dan mengawasi kinerja pemerintah daerah, serta melakukan tugas pengawasan atas pelaksanaan peraturan daerah walaupun kita masih dalam situasi pandemi covid 19 saat ini,” jelas Silangen.

Ia juga berharap performa baik ini semakin ditingkatkan dalam memasuki masa persidangan yang kedua.

“Kita perlu mengingatkan kembali pada diri kita masing-masing bahwa kita adalah representasi dari masyarakat, kita berada di sini karena dipilih dan dipercaya oleh masyarakat sebagai penyambung lidah untuk menyampaikan apa yang menjadi aspirasi dan keinginan dari masyarakat,” kata Silangen.

Apresiasi juga disampaikan Ketua DPRD kepada Gubernur dan Wakil Gubernur yang tetap bekerja secara optimal dalam menjalankan pemerintahan.

“Atas nama pimpinan dan anggota DPRD kami memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Steven OE Kandouw beserta seluruh jajaran pemerintah provinsi yang tetap memperlihatkan kinerja yang optimal dalam menajalankan roda pemerintahan terutama mengingat situasi pandemi Covid 19 yang masih terjadi hingga saat ini,” tukas Andi Silangen.

Dalam penyampaian Laporan Kinerja Alat Kelengkapan Dewan, masing-masing diserahkan oleh personilnya. Untuk pimpinan dewan diserahkan oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara Billy Lombok, untuk Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) oleh Melki Pangemanan, untuk Badan Kehormatan (BK) oleh Sandra Rondonuwu, Komisi 1 laporan kinerja diserahkan oleh Sekretaris Komisi Mohammad Wongso, Komisi 2 oleh Sjeni Kalangi, Komisi 3 oleh Stella Runtuwene dan Komisi 4 oleh Careig Runtu.

Sementara, laporan reses diserahkan per Daerah Pemilihan (Dapil). Dapil 1 Kota Manado oleh Ivan Lumentut, yang membacakan laporan dan menyerahkan hasil reses, Dapil 2 Bitung-Minut diserahkan hasilnya oleh Berti Kapojos dan Dapil 3 oleh Tonny Supit, Dapil 4 Bolmong Raya diserahkan Yusra Al Habsy, Dapil 5 Minsel-Mitra penyerahan hasil oleh Stella Runtuwene, dan Dapil 7 Minahasa-Tomohon oleh Melisa Gerungan.

Laporan demi laporan pun disampaikan oleh perwakilan wakil rakyat tersebut. Diantaranya laporan hasil masa sidang I yang telah dilaksanakan oleh ke 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) saat pelaksanaan reses di daerah pemilihan masing-masing anggota DPRD tersebut.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengucapkan terima kasih kepada seluruh pimpinan dan anggota DPRD Sulut yang terlibat aktif selama ini memajukan Sulut menjadi lebih baik.

“Terima kasih kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD atas upayanya dalam memaksimalkan tugas dan tanggung jawab selama ini,” kata Olly saat menghadiri Rapat Paripurna DPRD Sulut di Kantor DPRD Sulut.

Nampak hadir Ketua DPRD Sulut Andi Silangen, Wakil Gubernur Sulut Steven O.E. Kandouw, jajaran Forkopimda Sulut dan para pejabat di lingkup Pemprov Sulut.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Olly juga mengapresiasi kinerja seluruh legislator baik para pimpinan dan segenap anggota DPRD Sulut dalam mengawal pencapaian visi dan misi pembangunan daerah di Sulut.

“Mampu menjalin koordinasi dan sinergitas yang positif dengan segenap komponen pembangunan di daerah ini utamanya Pemerintah Provinsi,” ujarnya. Diketahui, Visi Pembangunan Daerah Provinsi Sulut tahun 2021-2026 adalah: “Sulawesi Utara Maju dan Sejahtera sebagai Pintu Gerbang Indonesia ke Asia Pasifik”, dengan 5 (lima) misi, yakni: Peningkatan kualitas manusia Sulawesi Utara; Penguatan ekonomi yang bertumpu pada industri pertanian, perikanan, pariwisata dan jasa; Pembangunan infrastruktur dan perluasan konektivitas; Pembangunan daerah yang berkelanjutan; Pemerintahan yang baik dan bersih didukung oleh sinergitas antar daerah.

Untuk itu, Olly mengharapkan agar hasil kegiatan di tahun 2021 dapat menjadi bahan bagi DPRD bersama dengan Pemprov Sulut untuk menyusun langkah strategis, rencana kerja dan rencana kebijakan kedepan.

Terkait penanganan pandemi Covid-19 di Sulut, Olly menjelaskan bahwa dalam satu bulan terakhir ini laporan dari Dinas Kesehatan menunjukan penurunan.

“Artinya lebih banyak yang sembuh dari pada yang terpapar,” ungkap Olly.

Lebih jauh, orang nomor satu di Sulut ini pun optimis lewat komitmen, semangat, dan kerja keras bersama dari semua pihak, secara bertahap seluruh kebutuhan dan keinginan masyarakat Sulut dapat terwujudkan bersama.

Dalam kesempatan paripurna tersebut, Fraksi Nyiur Melambai menyampaikan pengisian personil Fraksi Gabungan Gerindra, PKB, PPP dan PKS tersebut.

Mereka menyampaikan bahwa Ketua Fraksi Nyiur Melambai telah sepakat memberikan Jabatan Ketua Fraksi Kepada Sjenni Kalangie menggantikan Wenny Lumentut yang telah di PAW mengikuti pemilihan kepala daerah di Kota Tomohon, dan Herol Vresly Kaawoan jadi anggota Fraksi dan bahkan menjabat sebagai wakil ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara. (FalenJaksen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.