Kinerja Perangkat Daerah sampai Kelurahan Jadi Bahan Evaluasi Walikota Tomohon

oleh -256 views
Walikota diwakili Sekda dalam kegiatan rakor EPRA.

Tomohon, VoxSulut.Com –
Pemerintah Kota Tomohon mengelar
Rapat Koordinasi Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (EPRA) APBD Kota Tomohon periode Januari sampai 31 Mei tahun anggaran 2021.

Dalam arahan Walikota yang dibacakan pejabat Sekertaris Daerah (Sekda) Jemmy Ringkuangan, A.P., M.Si Walikota mengakui bahwa kondisi ekonomi Indonesia mengalami penurunan yang cukup signifikan yang tentunya juga sangat memberikan pengaruh yang besar dalam pelaksanaan pemerintahan daerah. Dimana juga dampaknya sangat terasa dalam penyerapan APBD Kota Tomohon di tahun anggaran 2021 ini.

Dalam laporannya, Walikota mengharapkan kepada pengguna anggaran di setiap SKPD untuk melakukan kerja prima sesuai arahan Presiden Jokowi.

“Bahwa Percepatan penyerapan pendapatan daerah adalah dengan melakukan ekstensifikasi/intensifikasi; koordinasi, meningkatkan kinerja BUMD; meningkatkan pelayanan dan lindungan masyarakat; dan meningkatkan pemanfaatan IT. Begitu pula dengan upaya percepatan belanja daerah adalah melalui keterlibatan masyarakat; evaluasi kontrak, reformasi program dan kegiatan; rekapitulasi anggaran; dan peran APIP,” Jelas Walikota dibacakan Sekda sambil membeberkan pagu pendapatan daerah dan realisasinya serta pagu belanja daerah serta realisasinya, Selasa (15/6).

Dari pencapaian ini, Walikota menegaskan kepada setiap perangkat daerah, dalam hal ini seluruh pengguna anggaran dan kuasa pengguna anggaran untuk tetap melakukan koordinasi bersama dalam upaya mendorong penyerapan realisasi APBD 2021 guna penanganan covid-19 dan peningkatan stimulus ekonomi di Kota Tomohon.

Walikota juga berharap agar perangkat daerah konsisten melakukan penanganan covid-19 dan pemulihan serta transformasi ekonomi sesuai dengan karakteristik kearifan lokal.

Selanjutnya perangkat daerah agar melakukan percepatan penyerapan anggaran penanganan pandemi covid-19 dan juga agar perangkat daerah tetap memfokuskan penangan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional di tahun 2021 serta tetap bersinergi dengan pemerintah pusat, provinsi dan para stakeholter.

“Ini akan menjadi bahan evaluasi kami terhadap kinerja masing-masing perangkat daerah termasuk juga kelurahan -kelurahan,” Tegas Walikota.

Kegiatan ini juga turut dihadiri Asisten Administrasi Umum Kota Tomohon Drs. O. D. S Mandagi serta para jajaran Pemerintah Kota Tomohon. (FalenJaksen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.