IPKPRS Kandou Edukasi Dampak Diabetes pada Mata

oleh -4.026 views
Suasana pelaksanaan penyuluhan dengan penetapan protokol kesehatan

Manado, VoxSulut.com – Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran Rumah Sakit (IPKPRS) RSUP Prof Kandou Manado, Rabu (16/6) mengadakan Edukasi Kesehatan seperti Penyuluhan kepada Pasien dan Keluarga Pasien di Poliklinik Bedah RSUP Kandou dengan Materi Penyuluhan “Diabetic Retinopathy”.

dr. Ade John Nursalim, MM, MARS, Sp.M

Sebagai narasumber, dr. Ade John Nursalim, MM, MARS, Sp.M, menjelaskan statistic dan faktor risiko terjadinya kerusakan retina akibat diabetes mellitus, dimana Provinsi Sulawesi Utara merupakan salah satu provinsi dengan tingkat diabetes mellitus tertinggi di Indonesia.

“Kerusakan retina akibat diabetes dapat mengenai 50% pasien diabetes mellitus dalam waktu 10 tahun dan 90% pasien diabetes mellitus dapat terkena penyakit retina dalam waktu 30 tahun jika tidak di tangani dengan baik, faktor risiko lain seperti gula darah yang tidak terkontrol, kehamilan, tekanan darah tinggi, gangguan ginjal, merokok dan sebagainya dapat meningkatkan risiko terkenanya kerusakan retina akibat diabetes,” jelas dr. Ade.

Kerusakan mata akibat diabetic dapat di cegah dengan memeriksakan mata pada dokter spesialis mata dan mendapatkan penanganan yang baik segera.

“Pengetahuan yang baik akan penyakit ini di harapkan dapat meningkatkan kualitas penglihatan dan kualitas hidup masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala instalasi promosi kesehatan dan pemasaran, dr Sekplin, Sekeon, Sp.S, MPH saat menutup kegiatan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada narasumber dan seluruh pasien dan keluarga yang mendampingi pasien mengikuti edukasi kesehatan.

“Kami dari instalasi promosi kesehatan dan pemasaran menyampaikan terima kasih atas waktu dan kesempatannya, semoga kegiatan hari ini dpaat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan bapak ibu dalam bidang ilmu kesehatan mata,” tutup dr. Sekplin Sekeon.(vsc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.