Dari Sudut pandang Teologi, BPK PKK Manado Gelar Seminar Peranan Roh Kudus dalam Gereja Katolik

oleh -372 views
Pelaksanaan seminar secara daring oleh BPK PKK Manado

Manado, VoxSulut.com – Badan Pelayanan Keuskupan Pembaruan Karismatik Katolik (BPK PKK) Manado, Jumat (30/7) menyelenggarakan Seminar Rohani yang diselenggarakan secara daring melalui platform zoom dan YouTube Live.

Tema yang diangkat kali ini adalah peranan Roh Kudus dalam gereja Katolik dari sudut pandang teologi.

Yang menghadirkan Pastor Amrosius Wuritimur, S.S., Lic. Th. yang merupakan ahli teologi lulusan dari Universitas Urbania Roma, Dosen dan staff pembina di sekolah tinggi filsafat seminari pineleng, Dan juga pernah menjabat sebagai Ketua Sekolah Tinggi Filsafat seminari pineleng ini.

Sedangkan moderator Caren Mantiri, OMK PDKK Paroki Lembean yang juga merupakan mahasiswa Agrobisnis Unika De La Salle, Manado.

Dalam seminar ini Pastor menceritakan mengenai peran Roh kudus dalam peradaban manusia yang mencakup kehidupan menggereja 5 sub tema.

“Apakah Roh Kudus ada, Roh Kudus pada awal mula penciptaan, Roh Allah berperan pula dalam mendorong orang tertentu untuk melaksanakan berbagai keterampilan yang diperlukan bagi kepentingan umat, Roh Allah itu berperan membinasakan segala sesuatu yang bertentangan dengan semangat dan kehendak Allah sehingga yang tertinggal ialah kelompok umat yang sisa,” tutur Pastor Amri sapaannya.

Lanjut dalam 5 sub tema, Pastor Amri menyatakan bahwa Roh Kudus ditanamkan dalam hati setiap kita.

“Roh Kudus ditaruh di dalam akal budi dan hati setiap orang, menjadi hukum baru menggantikan hukum lama sehingga setiap orang memperoleh kuadrat baru setelah kejatuhan manusia dalam dosa,” jelas Pastor.

Setelah selesai menyampaikan materi Pastor Andri menjawab banyak pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan melalui WhatsApp, zoom chat dan youtube.

Menanggapi salah satu pertanyaan mengenai kondisi pandemi yang ada, Pastor Amri memberikan pernyataan untuk menguatkan umat bahwa Allah bekerja dalam setiap hal mendatangkan kebaikan.

ÔÇťAllah selalu mendahului kita, mempersiapkan segala sesuatu bagi tugas kita, kemudian menyertai dan terus mendorong kita berkembang dalam hadapi kesulitan apapun,” tutupnya.(andre)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.