Kabupaten Pohuwato Gorontalo Lakukan Kaji Banding Pengelolaan Limbah Medis di RSUP Kandou Manado

oleh -203 views
Dirut Jimmy Panelewen didampingi Direktur SDM, Pendidikan dan Umum Dr. Ivonne Rotty saat menerima studi banding Kabupaten Pohuwato Gorontalo

Manado, VoxSulut.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato dan RSUD Bumi Panua melakukan kunjungan kerja ke RSUP Prof.Dr. R.D Kandou Manado pada Selasa (19/10).

Kunjungan ini dalam rangka Kaji Banding dan Kaji Tiru mengenai Pengelolaan limbah Rumah Sakit, Limbah Medis, Limbah B3 dan Limbah Covid-19.

Tim Studi banding di pimpin oleh Wakil Bupati Kabupaten Pohuwato Suharsi Igirisa, SIP, MSi., Bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pohuwato Selvi Monoarfa, Kepala Dinas PUPR Anwatr Sadat, serta Direktur RSUD Bumi Panua dr. Yenny Ahmad Bersama Tim pengelola.

Foto bersama manajemen RSUP Prof Kandou Manado bersama Pemerintah Kabupaten Pohuwato

Studi banding diawali pertemuan dengan manajemen RSUP Kandou yang dipimpin langsung oleh Direktur Utama RSUP Prof.Dr.R.D Kandou Manado, Dr.dr. Jimmy Panelewen, Sp.B-KBD, didampingi oleh Direktur SDM Pendidikan dan Umum Dr.dr. Ivonne Elisabeth Rotty, M.Kes,  dan Tim Kesling dan K3RS Kandou Manado di aula lantai 2.

Dirut Jimmy Panelewen dalam sambutannya mengatakan Rumah Sakit Kandou sebagai Rumah Sakit vertikal milik Kementerian Kesehatan harus memberikan pendampingan dan penguatan-penguatan terhadap rumah sakit-rumah sakit yang ada di Sulawesi Utara dan sekitarnya seperti Provinsi Gorontalo, Papua Barat, Sulawesi Tengah  dan juga Kalimantan Timur.

“Dan hal ini sudah dilaksanakan oleh pihak Manajemen RSUP Kandou, oleh karena itu kunjungan Tim dari Kabupaten Pohuwato untuk melakukan Kaji banding dan Kaji Tiru disambut baik oleh pihak RSUP Kandou,” ucap Panelewen.

Dikatakan juga bahwa pengelolaan Limbah ini sangat krusial, termasuk dalam pengurusan izin operasional.

“Karena hal ini ada dampak hukumnya oleh karena itu harus benar-benar diseriusi dalam pengelolaan limbah rumah sakit dan ini telah diupayakan oleh pihak RSUP Kandou, semoga hal ini juga bisa diupayakan oleh pihak Kabupaten Pohuwato hingga ke puskesmas-puskesmas yang ada di Kabupaten Pohuwato sehingga penanganan limbah ini bisa diatasi dengan baik,” tutur Dr. Penelewen yang didampingi Dr. Ivonne Rotty.

Sementara itu Wakil Bupati Pohuwato Suharsi Igirisa, SIP, MSi menyampaikan rasa terima kasih atas penyambutan pihak RSUP Kandou kepada Tim dari Kabupaten Pohuwato yang akan melakukan kaji Banding terkait dengan pengelolaan limbah medis.

“Termasuk memperoleh informasi bagaimana proses pengurusan izin Amdal,” tutur Wakil Bupati.

“Diharapkan melalui studi banding ini Tim Dari Pohuwato dapat mengambil contoh yang baik khususnya dalam upaya penanganan limbah medis rumah sakit serta Kesehatan dan Keselamatan Kerja di lingkungan Rumah Sakit,” tambah Suharsi Igirisa.(andre)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.