Promkes RSUP Kandou Edukasi Soal Nyeri Punggung, MC Christian Promosikan Layanan Telmek

oleh -201 views
Suasana saat tim Promkes menggelar edukasi kesehatan

Manado, VoxSulut.Com – Instalasi Promosi Kesehatan (Promkes) dan Pemasaran RSUP Prof Dr R D Kandou Manado, Rabu (31/8) diruang tunggu pasien Poliklinik Bedah, menggelar edukasi penyakit nyeri punggung bawah, yaitu sensorik yang tidak menyenangkan berhubungan dengan kerusakan jaringan atau kemungkinan adanya kerusakan jaringan di sepanjang tulang belakang, berasal dari dasar leher hingga ke tulang ekor.

dr Sekplin Sekeon, Sp S, MPH, saat menjadi nara sumber dalam kegiatan edukasi menyebut, hal ini bertujuan untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat yang ada di rumah sakit agar lebih meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan, khususnya terkait dengan kesehatan nyeri punggung.

Lanjut dijelaskan dr Sekplin Sekeon, yang juga sebagai Kepala Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran RSUP Kandou Manado, nyeri punggung bawah adalah nyeri yang terjadi pada pinggang atau tulang punggung bawah yang bisa disertai dengan penjalaran ke bokong, paha atau tungkai yang bisa diikuti dengan penjalaran atau bisa juga tidak diikuti dengan penjalaran.

“Faktor penyebab risiko nyeri punggung bawah ini yang pertama adalah usia, di mana semakin meningkat usia, semakin mungkin terjadi nyeri punggung bawah,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, faktor risiko lainnya adalah pekerjaan dari pasien yang berkaitan dengan beban yang berat.

“Mengangkat beban berat akan semakin berisiko meningkatnya nyeri punggung bawah. Demikian juga berat badan yang berlebihan dan khusus wanita, penggunaan sepatu hak tinggi juga menjadi faktor risiko,” pungkasnya.

Tak sekedar memberikan sosialisasi terkait nyeri punggung bawah, peserta juga diberi kesempatan tanya jawab langsung yang disambut baik oleh pasien dan keluarga pasien yang mengikuti edukasi.

Sementara tim edukasi Promkes RSUP Kandou mengapresiasi setiap peserta yang aktif dalam mengikuti materi, khususnya yang mengajukan pertanyaan, di mana sebagai bentuk apresiasi peserta diberikan gimik berupa Masker dan Hand Sanitizer.

Dalam kesempatan tersebut, Master of Ceremony, Christian Modeong, ikut mempromosikan Layanan Unggulan yang ada di RSUP Kandou Manado, serta aplikasi Layanan Kesehatan Jarak Jauh Telemedicine Kandou (Telmek)

Dirinya juga mengingatkan lagi kepada semua yang hadir untuk tetap menaati protokol kesehatan, salah satunya dengan menggunakan masker dengan baik agar kita semua terhindar dari Virus Corona.(vsc)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.